News
Rabu, 15 April 2015 - 10:15 WIB

KONFERENSI ASIA AFRIKA : Pesawat Tempur dan Kapal Perang TNI Ikut Jaga KAA

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Deretan pesawat tempur Sukhoi. (Paulus Tandi Bone/JIBI/Bisnis)

Konferensi Asia Afrika diadakan di Jakarta dan Bandung, 15-24 April 2015.

Solopos.com, JAKARTA – TNI mengerahkan pesawat tempur dan kapal perang untuk mengawal pelaksanaan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 di Jakarta dan Bandung, 15-24 April 2015

Advertisement

“Ada sekitar 26.000 personel dari TNI dan Polri. Kemudian kita juga mengerahkan pesawat tempur dan kapal perang,” kata Panglima TNI Jenderal Moeldoko setelah apel gelar pasukan Satuan Tugas Pengamanan VVIP Konferensi Asia Afrika di lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (15/4/2015).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna mengatakan pihaknya telah menyiapkan empat pesawat tempur F 16 dan pesawat tempur Sukhoi di pangkalan udara sejumlah daerah.

“Di ring luar, seperti di Madiun, Jogja, dan Solo kami siagakan pesawat Sukhoi. Untuk ring satu kami siagakan F-16,” kata dia.

Advertisement

Selain pesawat tempur, TNI AU juga menyiapkan Helikopter Super Puma, Pesawat Kolibri dan Boeing untuk mengakomodasi kepala negara dari Jakarta ke Bandung.

Di helikopter, kata Agus, disiagakan pula sniper untuk menetralisasi jalur darat.

Sementara Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi mengatakan kapal perang sudah disiapkan untuk mengawasi Selat Sunda dan Laut Jawa yang kemungkinan menjadi akses masuknya ancaman.

Advertisement

“Kami juga siapkan kapal korve, kapal patroli, LPD, dan kapal escape. Pasukan katak juga disiagakan sebanyak dua tim,” kata dia.

Lebih jauh Ade mengatakan pihaknya menyiapkan pula helikopter Bell, BO, dan pesawat intai maritim untuk mengawasi wilayah keamanan laut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif