News
Selasa, 14 April 2015 - 17:41 WIB

UN ONLINE 2015 : Lebih Enak Dibanding Menghitamkan Lembar Jawab

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - UN CBT diuji coba di SMAN 1 Surabaya, Senin (23/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Herman Dewantoro)

UN online 2015 dinilai siswa SMK 1 Pengasih lebih nyaman dikerjakan daripada menggunakan PBT.

Harianjogja.com, KULONPROGO—Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bersistem Computer Based Test (CBT) di SMK Negeri 1 Pengasih berjalan lancar. Kendala teknis yang muncul bisa segera diatasi sehingga tidak mengganggu konsentrasi siswa.

Advertisement

Arif Affandi, siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pengasih mengaku UN CBT lebih mudah dibanding UN dengan Paper Based Test (PBT).

“Lebih mudah dan enak dari pada harus melingkari dan menghitamkan lembar jawab,” katanya usai mengikuti UN CBT sesi pertama, Senin (13/4/2015).

Advertisement

“Lebih mudah dan enak dari pada harus melingkari dan menghitamkan lembar jawab,” katanya usai mengikuti UN CBT sesi pertama, Senin (13/4/2015).

Arif sendiri tidak mengalami kesulitan maupun kendala dalam mengerjakan ujian. Namun, dia mengungkapkan, ada temannya yang sempat mengalami hambatan.

“Di kelas saya ada satu yang bermasalah. Tapi tadi langsung diatasi dan soalnya juga tidak perlu diganti. Kalau lainnya lancar,” kata siswa jurusan perhotelan tersebut.

Advertisement

“Ada komputer yang masih pakai software Windows XP, sementara lainnya sudah Windows 7. Beberapa komputer yang masih Windows XP itu agak butuh loading saat pergantian soal. Tapi secara umum tidak masalah,” ucapnya menjelaskan.

Meski demikian, Meru menambahkan, soal UN CBT baru berhasil diunduh dan disinkronisasi pada Minggu (12/4) sekitar pukul 13.00 WIB. Padahal info awal menyebutkan, soal UN CBT bisa diunduh sejak Sabtu (11/4).

“Malam Minggu kami begadang sampai pagi dan sampai Minggu pagi juga belum bisa tersambung. Akhirnya soal bisa diunduh pada Minggu Siang,” ujarnya kemudian.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Kulonprogo, Sumarsana mengatakan, jadwal pengunduhan soal UN CBT dari Pusat Penelitian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu.

“Itu untuk seluruh Indonesia. Jadi wajar jika ada sedikit kendala untuk tersambung ke server pusat sehingga di sini baru bisa download kemarin siang,” paparnya, usai pantauan pelaksanaan UN CBT di SMK Negeri 1 Pengasih, Senin.

Menurut Sumarsana, pelaksanaan UN CBT, khususnya sesi pertama, berjalan lancar.

Advertisement

“Kami belum menerima laporannya secara keseluruhan untuk pelaksanaan hari pertama. Ada dua anak yang sakit tapi itu tidak masalah karena sudah diizinkan untuk mengerjakan UN secara PBT,” katanya.

UN CBTdibagi menjadi tiga sesi dengan durasi masing-masing dua jam. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 WIB, sesi kedua pukul 10.30 WIB, dan sesi terakhir pukul 14.00 WIB.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif