News
Selasa, 14 April 2015 - 10:30 WIB

KONFERENSI ASIA AFRIKA : 24 Kepala Negara bakal Hadiri KAA, 2.000 Personel Brimob Dikerahkan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Konferensi Asia Afrika diadakan di Jakarta dan Bandung, 19-24 April 2015.

Solopos.com, JAKARTA – Sebanyak 24 kepala negara dipastikan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika ke-60 di Jakarta dan Bandung, 19-24 April 2015. Polri menyiapkan sekitar 2.000 personel Brimob untuk menjaga keamanan konferensi itu.

Advertisement

Kepala Bagian Operasi Komisaris Besar Leo Bona Lubis mengatakan dari Brimob Polri sudah disiapkan 500 personel Brimob untuk membantu Polda Metro Jaya yang sudah menyiapkan 400 personel dan Polda Jawa Barat 1.115 personel.

Sehingga secara keseluruhan terdapat sekitar 2.000 personel Brimob dikerahkan.

“Yang pasti ini back up Polda Metro dan Jabar untuk mengantisipasi potensi gangguan,” katanya saat acara apel kesiapan pasukan di Markas Komando Brimob di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Selasa (14/4/2015).

Advertisement

Dia mengatakan dari keseluruhan personel Brimob itu terdiri dari unit antianarkis, pasukan anti huru-hara, penembak jitu, dan satuan intel.

Selain itu, kata Leo, pihaknya juga menyiapkan pasukan cadangan dari Brimob Polri sebanyak 2.500 pasukan.

Seluruh personel Brimob nantinya akan ditempatkan di beberapa titik penting baik di Jakarta maupun Bandung untuk mengamankan jalannya KTT Asia Afrika.

Advertisement

“Prinsip semua diamankan,” kata Leo.

KTT Asia Afrika kali ini dilaksanakan di dua kota yakni Jakarta dan Bandung dengan tema pembahasan penguatan kerja sama negara-negara di kawasan selatan.

KTT akan menelurkan tiga dokumen di antaranya Bandung Message, Declaration on Reinvograting the New Asian-Afrikcan Strategic Partnership, dan Declaration of Palestine.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif