News
Selasa, 14 April 2015 - 14:55 WIB

KISAH UNIK : Rayakan Kesendirian, Para Jomblo di Korsel Makan Mi Hitam, Mau Ikut?

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mi Hitam atau Jajangmyeon (Smithsonianmag.com)

Kisah unik kali ini datang dari Negeri Gingseng atau Korea Selatan.

Solopos.com, SOLO — Apakah Anda pernah mendengar istilah Black Day? Istilah ini sangat populer di Korea Selatan, lantaran menjadi hari perayaan bagi orang-orang yang berstatus jomblo.

Advertisement

Black Day atau Hari Hitam ini diperingati oleh para jomblo setiap 14 April. Uniknya, sesuai dengan nama hari perayaan Black Day, orang-orang yang tak memiliki kekasih akan berpakaian serba hitam dan wajib makan mi berwarna hitam. Mi hitam ini disebut jajangmyeon.

Sebagaimana Solopos.com pantau pada laman media sosial Twitter, Senin, para pengakses Internet atau netizen di regional Indonesia pun antusias menyambut peringatan Black Day. Terbukti, pembicaran seputar Black Day sempat menjadi trending topic pada Selasa (14/4/2015) siang.

Salah satu netizen @iervianti  menulis,”Kalo disini ada tradisi para single makan jajangmyeon tiap Black Day, pasti gigi gw item tiap tahun makan jajangmyeon mulu #tsurhatt.”

Advertisement

Sementara itu, akun @mjjeje_myhero  terlebih dahulu menulis kicauan seolah mengajak para jomblo berkumpul di restoran Korea untuk makan jajangmyeon.

“Adakah jomblowan/jomblowati yang besok merayakan black day? ayo kita kumpul2 direstoran Korea sambil makan jajangmyeon,” tulis @mjjeje_myhero, Senin (13/4/2015).

Dilansir Smithsonianmag, Senin, sebenarnya Black Day adalah serangkaian dari beberapa peringatan di bulan lain yang bertepatan dengan tanggal 14.

Advertisement

Peringatan diawali dengan Hari Buku Harian yang dirayakan tiap 14 Januari, Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang pada 14 Februari. Selanjutnya, White Day atau Hari Putih pada 14 Maret. White Day ini mirip dengan perayaan Valentine’s Day.

Nah, baru pada 14 April, orang yang tak memiliki kekasih akan memperingati kesendirian mereka dengan Black Day. Hari Hitam ini akan diteruskan dengan Hari Mawar pada 14 Mei, lalu peringatan Hari Uang pada 14 Desember.

Jajangmyeon sendiri berasal dari kata jajang yang berarti saus goreng dan kata myeon yang bererati mi. Mi untuk Jajangmyeon adalah jenis mi tebal yang terbuat dari tepung gandum. Sementara, warna hitam pada mi, didapat dari saus pasta kacang kedelai hitam.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif