Jatim
Selasa, 14 April 2015 - 05:05 WIB

JAMU TRADISIONAL UNIK : Coba Tebak, Jamu Model Apakah Jaretelo ini?

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jamu tradisional Jaretelo yang terbuat dari jahe, sere,temulawaka, dan gulajawa. (kimcitratarunakenanga.blogspot.com)

Jamu tradisional unik ini dimiliki oleh warga Kota Madiun. Namanya Jaretelo, apakah itu?

Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Anda barangkali sudah memahami ungkapan berbahasa Jawa Jaretelo. Ungkapan yang bermakna “katanya ketela” ini ternyata bukan sekadar kalimat, melainkan nama dari sebuah jamu tradisional di Kota Madiun.

Advertisement

Jangan dibayangkan, Jaretelo adalah sebuah jamu dengan bahan utama ketela. Jamu ini ternyata berasal dari aneka ramuan alam yakni jahe, sere, temulawak, dan gula Jowo yang kemudian menjadi nama akronim Jaretelo.

Madiunpos.com sebagaimana dikutip dari salah satu situs informasi warga Kelurahan Winongo, Manguharjo, Kota Madiun, kimcitratarunakenanga.blogspot.com mengungkapkan, Jaretelo dibikin oleh tangan-tangan kreatif ibu-ibu PKK Kelurahan Winongo. Jamu tradisional ini sejak ratusan tahun silam sudah terbukti sebagai salah satu minuman kesehatan paling ampuh bebas efek samping. Mulai untuk menghilangkan kembung, mual, masuk angin, serta aneka penyakit lainnya.

Nah, Anda penasaran dengan Jaretelo? Silakan berkunjung ke kelompok PKK Kelurahan Winongo, Manguharjo, Kota Madiun.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif