Jatim
Selasa, 14 April 2015 - 07:05 WIB

BUDIDAYA LELE : Warga Winongo Sulap Lahan Tidur Menjadi Tambang Lele

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi panen lele

Budidaya lele menjadi “tambang emas” baru bagi warga Kelurahan Wingono, Kota Madiun.

Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Topografi yang jauh dari pantai atau laut, bukanlah alasan untuk tidak mengenal Ikan. Sebab, ikan bukan hanya ada atau hidup di laut saja, tapi juga dapat hidup di sungai, sumur, rawa, dan kolam.

Advertisement

Adalah warga di wilayah RW 005 Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Dengan kemauan dan kemapuannya, kelompok swadaya masyarakat (KSM) di Jalan Sultan Agung ini mampu membudidayakan ikan lele untuk menjadi sumber pendapatan. Modal utama mereka ialah kemauan, selain suntikan dana dari PNPM Mandiri Perkotaan.

Informasi yang dihimpun Madiun Pos dari kimcitratarunakenanga.blogspot.com menyebutkan, usaha budidaya lele tersebut memanfaatkan lahan tidak produktif yang berada di tengah lingkungan. Lahan tidur tersebut lantas disulap warga setempat menjadi tempat pembudidayaan lele.

Keberadaan kolam pemijahan lele bisa menjadi solusi pemenuhan gizi dan juga mendatangkan pendapatan (income) bagi masyarakat yang memiliki kemauan serta kemampuan mengembangkannya.

Advertisement

Jangka waktu yang dibutuhkan untuk membudidayakan ikan lele hanya berkisar tiga bulan efektif. Meski dalam jangka waktu yang cukup singkat, namun ikan yang akan dipanen sudah memenuhi syarat sebagai ikan layak panen dengan berat yang aduhai.

Pekan lalu, Minggu (5/4/2015), kolam ikan lele tersebut telah masuk masa panen yang ditandai usia dan ukuran berat ikan lele sudah cukup besar. Dalam tiga bulan sampai masa panen, setidaknya menghabiskan pakan sekitar 115 kg dan menghasilkan ikan panen seberat 130 kilogram. Di pasaran, harga jual ikan lele bisa menembus Rp18.000.

Warga sekitar kolam sangat antusias dengan adanya program pemijahan dan pembibitan ikan lele karena memberikan manfaat bagi warga, anggota kelompok budidaya lele pada khususnya dan warga sekitar kolam lele pada umumnya.

Advertisement

“Tujuan budidaya ini ialah untuk memotivasi masyarakat dalam memanfaatkan potensi lingkungan yang ada. Sehingga mereka mampu menumbuhkan jiwa kemandirian dan menjadi pekerjaan rumah bersama,” ujar salah satu warga, Sudarmono.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif