News
Minggu, 12 April 2015 - 21:30 WIB

LEBARAN 2015 : Tiket Kereta Api Mulai Dijual, Ini 20 KA Layani Pemudik

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang kereta api (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Lebaran 2015 tak lama lagi. PT KAI sejak Sabtu (11/4/2015) mulai menjual tiket KA Lebaran.

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta menyiapkan 20 rangkaian kereta api (KA) reguler untuk melayani pemudik Lebaran tahun ini.

Advertisement

Manager Corporate Communication Daops VI/Yogyakarta, Gatut Sutiyatmoko, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (10/4/2015), mengatakan ada 12 KA jurusan Jakarta yang terdiri atas 10 KA komersial, yakni KA Argolawu, KA Argo Dwipangga, KA Taksaka Pagi, KA Taksaka Malam, KA Senja Utama Yogya, KA Senja Utama Solo, KA Fajar Utama Yogya, KA Bogowonto, KA Gajahwong, KA Jaka Tingkir.

Selain itu, ada juga dua KA ekonomi bersubsidi atau public service obligation (PSO), yakni KA Progo dan KA Bengawan. Ada pulan dua KA jurusan Bandung (KA Lodaya Pagi dan KA Lodaya Malam).

Dua kereta juga disiapkan untuk menuju ke Malang, yakni KA Malioboro Ekspres Pagi dan KA Malioboro Ekspres Malam. Sedangkan KA tujuan Surabaya menggunakan KA Sancaka Pagi dan KA Sancaka Sore serta satu satu KA ekonomi subsidi tujuan Banyuwangi (KA Sri Tanjung).

Advertisement

Selain itu, Gatut mengatakan calon penumpang juga bisa memanfaatkan 12 rangkaian KA yang singgah di Daops VI/Yogyakarta dimana enam kereta menuju Jakarta (KA Bima, KA Gajayana, KA Krakatau, KA Gayabaru Malam Selatan, dan KA Brantas).

Sedangkan enam KA lainnya menuju Bandung, yakni KA Turangga, KA Malabar, KA Argowilis, KA Mutiara Selatan, KA Pasundan, dan KA Kahuripan. Ada pula KA subsidi tujuan Jember (KA Logawa) dan tujuan Malang (KA Malabar).

Lebih lanjut, pihaknya mengimbau calon penumpang untuk menyesuaikan nama penumpang dan yang tertera pada tiket. Hal ini karena apabila terdapat ketidaksesuaian pada saatboarding, calon penumpang tidak diperbolehkan untuk memasuki area stasiun.

Advertisement

Dia mengatakan pemesanan tiket KA bisa dilakukan di seluruh kanal penjual tiket eksternal, jaringanpayment point, website, aplikasi reservasi tiketdi smartphone, loket dan mitra PT KAI lainnya. Namun penjualan di loket KAI juga tetap dilayani setiap pukul 07.00 WIB-22.00 WIB.

“Pada Minggu [12/4], pemesanan untuk keberangkatan H-6 Lebaran, yakni 11 Juli juga sudah bisa dan seterusnya,” ungkap Gatut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif