Soloraya
Minggu, 12 April 2015 - 06:00 WIB

FESTIVAL BENGAWAN SOLO : Hari Ini Festival Gethek Dibuka Wali Kota

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rakit yang ditumpangi Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo dan sejumlah pejabat Muspida menyusuri Sungai Bengawan Solo di Sewu, Jebres, Solo, Minggu (10/11/2015) saat acara Bengawan Solo Gethek Festival. Festival yang diadakan dari Ngepung hingga Jurug itu bertujuan mendekatkan masyarakat serta memahami kembali keberadaan Sungai Bengawan Solo. (JIBI/Solopos/Dok)

Festival Bengawan Solo mulai dilangsungkan Sabtu (11/4/2015). Sementara Festival Gethek yang menjadi bagian dari Festival Bengawan Solo akan dibuka hari ini.

Solopos.com, SOLO – Festival Bengawan Solo dimeriahkan dengan berbagai acara. salah satunya lomba hias gethek dalam Festival Gethek yang diikuti 26 peserta dan lomba kano yang diikuti 25 peserta.

Advertisement

Festival yang dihelat di Sungai Bengawan Solo ini bertujuan mengenalkan potensi wisata berbasis sungai di Kota Solo.

Sinergi Travel & Event Management Graha Solo Raya Lantai I. Jl Slamet Riyadi No 1 Solo- Jateng Telp +62-271) 5843678 – 2144388. HP 085 70268 6068 Fax +62 271 635936 www.solocitytravelguide.com. Email info@solocitytravelguide.com marketing@solocitytravelguide.com

Ketua Panitia Festival Gethek, Sumadiyono, mengatakan festival yang sudah diselenggarakan untuk kelima kalinya ini bermula dari gagasan penggalian potensi wisata berbasis sungai. Selama ini Sungai Bengawan Solo hanya dikenal sebagai sungai pembawa limbah.

Advertisement

“Bengawan Solo yang dulu terkenal sebagai rute perdagangan, sekarang hanya dikenal sebagai aliran sungai biasa,” kata saat ditemui Solopos.com di Kampung Sawahan, Sangkrah, Jumat (10/4/2015).

Sumadiyono menambahkan festival ini akan menunjukkan kepada masyarakat potensi wisata yang dapat dikembangkan di Sungai Bengawan Solo.

Masyarakat diajak untuk lebih peduli terhadap kebersihan sungai yang selama ini kurang diperhatikan. “Dengan adanya event ini, tentu saja kami ingin menunjukkan potensi wisata yang dimiliki sungai ini,” ucapnya.

Advertisement

Festival Gethek Solo 2015 akan dimeriahkan dengan lomba kano yang Sabtu (11/4/2015).

Lomba kano diikuti 25 peserta dari anggota tim search and rescue (SAR) Solo yang melintasi jarak sejauh 4.000. “Kano dinaiki satu orang dan akan memulai star dari Kampung Sawahan hingga Badran,” tuturnya.

Festival Gethek akan dibuka oleh Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo di Kampung Sawahan, Minggu (12/4). Fesival gethek akan melombakan 26 peserta dari kelurahan dan instansi yang akan merias getheknya.

“Hiasan yang melekat bermacam-macam. Nantinya, gethek dengan hiasan terbaik yang akan dipilih sebagai pemenang,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif