Sport
Minggu, 12 April 2015 - 01:25 WIB

F1 GP TIONGKOK : Kali Ketiga Raih Pole, Hamilton Belum Merasa Gembira

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

F1 GP Tiongkok yang merupakan seri ketiga F1 GP musim ini, pole positions direbut Hamilton.

Solopos.com, SHANGHAI — Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, merebut pole position ketiga musim ini setelah memenangi kualifikasi Grand Prix (GP) Tiongkok di Shanghai International Circuit, Sabtu (11/4/2015).

Advertisement

Hamilton finis di urutan terdepan dengan catatan waktu satu menit 35,782 detik atau unggul 0,042 detik dari rekan satu timnya, Nico Rosberg. Akan tetapi, raihan pole position belum membuat juara dunia Formula One (F1) itu merasa cukup aman untuk memenangi balapan, Minggu (12/4/2015).

Hamilton menjadi kandidat terkuat untuk memenangi GP Tiongkok setelah sukses finis di urutan terdepan dalam tiga kali latihan bebas hingga Q2. Keunggulan Hamilton masih terjaga hingga awal Q3, tapi Rosberg berhasil memangkas gap di akhir kualifikasi.

Advertisement

Hamilton menjadi kandidat terkuat untuk memenangi GP Tiongkok setelah sukses finis di urutan terdepan dalam tiga kali latihan bebas hingga Q2. Keunggulan Hamilton masih terjaga hingga awal Q3, tapi Rosberg berhasil memangkas gap di akhir kualifikasi.

“Kami memiliki balapan yang berat besok [hari ini]. Nico sangat cepat dan Ferrari juga masih sangat bagus dengan kecepatan jarak jauh mereka. Jadi, hasil ini [kualifikasi] tidak berarti segalanya,” ujar Hamilton, seperti dilansir Crash, Sabtu.

Pembalap asal Inggris itu berhasil merebut pole sekaligus gelar juara di GP Australia, 15 Maret lalu. Namun, Hamilton gagal meraih podium pertama meski memulai balapan dengan urutan terdepan di GP Malaysia, Minggu (29/3). Dia dipaksa menyerahkan trofi juara GP Malaysia kepada pembalap Ferrari, Sebastian Vettel.

Advertisement

“[GP Malaysia] bukan akhir pekan yang rapi bagi kami. Tapi bagi saya dan orang-orang yang berada di sisi saya di garasi, kami hanya mencoba mendapatkan program penuh dan untungnya sejauh ini kami tidak mendapatkan masalah akhir pekan ini. Jadi, ini langkah besar bagi kami,” kata Hamilton.

Ini bukan hanya menjadi pole ketiga Hamilton musim ini, tapi dia juga berhasil mencetak hat-trick di Shanghai International Circuit. “Ada getaran yang sangat positif di sini. Mobil ini bisa dikendalikan dengan sangat fantastis, jauh lebih baik ketimbang sepanjang akhir pekan yang terjadi di Malaysia. Orang-orang yang kembali ke pabrik telah melakukan pekerjaan hebat setelah balapan terakhir dan membawa sejumlah kemajuan untuk akhir pekan ini,” imbuh pembalap berusia 30 tahun itu.

Sementara itu, Rosberg merasa frustrasi karena gagal meraih pole position meski telah berhasil menempel ketat Hamilton di akhir kualifikasi. Namun, kegagalan dalam perebutan pole position justru membuat pembalap asal Jerman itu semakin berhasrat untuk mengalahkan rekan satu timnya di balapan ini.

Advertisement

“Saya masih percaya diri untuk besok [hari ini]. Saya fokus pada kecepatan balapan dengan set-up mobil saya. Saya tahu ban mobil akan menentukan hasil besok, jadi saya akan lebih banyak menekan Lewis [Hamilton],” kata Rosberg. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Hasil Kualifikasi GP Tiongkok, Sabtu (11/4)
No       Pembalap         Tim      Waktu/Gap
1          Lewis Hamilton Mercedes         1 menit 35,782 detik
2          Nico Rosberg   Mercedes         0,042 detik
3          Sebastian Vettel            Ferrari  0,905 detik
4          Felipe Massa    Williams/Mercedes       1,172 detik
5          Valtteri Bottas  Williams/Mercedes       1,361 detik
6          Kimi Raikkonen            Ferrari  1,450 detik
7          Daniel Ricciardo           Red Bull/Renault           1,758 detik
8          Romain Grosjean          Lotus/Mercedes           2,123 detik
9          Felipe Nasr      Sauber/Ferrari  2,285 detik
10        Marcus Ericsson           Sauber/Ferrari  2,376 detik
 
Sumber: autosport.com (ria)

Advertisement

Lewis Hamilton untuk kali ketiga merebut pole balapan Formula One musim ini. Ist/dok

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif