Jateng
Minggu, 12 April 2015 - 23:50 WIB

Djarum Foundation-TNI AL Yogyakarta Gelar Pengobatan Gratis

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Djarum Foundation (Insta20.com)

Aksi corporate social responsibility (CSR) digelar Djarum Foundation bekerja sama dengan TNI AL Yogyakarta.

Kanalsemarang.com, SEMARANG — Ratusan warga, mengikuti pengobatan gratis yang digelar Djarum Foudation, Pengkalan TNI Angkatan Laut (AL) Yogyakarta, dan Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI).

Advertisement

Pengobatan dipusatkan di Pos Angkatan Laut (Posal) Samas, Desa Ngepel, Kelurahan Srigading, Kecamatan Sanden, Kebupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (11/4/2015).

Program Asosiate Djarum Foundation, Rahma Mochtar, menyatakan pengobatan gratis ini dilakukan secara berkelanjutan di sejumlah daerah di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

”Kami hanya mendukung kegiatan TNI AL dan YBSI menggelar bakti sosial pengobatan gratis,” katanya dalam rilis di Semarang, Minggu (12/4/2015).

Advertisement

Di samping pengobatan gratis, imbuh Mochtar, Djarum Foundation juga melakukan operasi katarak gratis bagi masyarakat kurang mampu. Ketua tim medis dari YBSI, dr Hisnindarsyah, mengatakan berdasarkan pendataan jumlah warga yang datang mencapai 500 orang.

”Untuk pendataan warga kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bantul dan Posal Samas Pangkalan TNI Al Yogyakarta,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan, lanjut dia, sebagian besar warga Samas dan sekitarnya menderita penyakit ketuaan, antara lain asam urat, hipertensi, dan penyakit kulit.

Advertisement

”Peyebab penyakit ini karena faktor sosial ekonomi masyarakat yang masih rendah,” ungkapnya.

Untuk melakukan pemeriksaan warga, YBSI menerjunkan tenaga kesehatan terdiri dari dua dokter spesialis dalam, empat dokter umum, dua dokter muda, apoteker, dan sejumlah relawan.

Tenaga kesehatan ini masih didukung dari pihak Pangkalan TNI AL Yogyakarta yang menurunkan satu dokter umum dan puluhan perawat.

Komandan Pangkalan TNI AL Yogyakarta, Kol. Kartoli menyambut baik kegiatan bakti sosial pengobatan gratis bagi masyayarakat tersebut. ”Kami berharap kegiatan pengobatan gratis ini bisa dilakukan secara rutin guna membantu masyarakat,” harap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif