Soloraya
Minggu, 12 April 2015 - 02:00 WIB

BEGAL DI SOLO : Antisipasi Begal, Karyawan Carrefour Paragon Dilatih Bela Diri

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota Polwan Polresta Solo memberikan pelajaran beladiri praktis kepada karyawan Carrefour Solo Paragon Lifestyle Mall, Sabtu (11/4/2015). Pemberian bekal beladiri praktis tersebut bertujuan untuk menangkal tindak kekerasan dan pelecehan seksual terhadap kaum wanita khusunya para karyawan yang bekerja malam hari. (Soenaryo HB/JIBI/Solopos)

Begal di Solo meresahkan. Untuk mengantisipasinya, karyawan perusahaan ini dibekali bela diri.

Solopos.com, SOLO –– Puluhan karyawan Carrefour  Solo Paragon Mall, Sabtu (11/4/2015) pagi berkumpul di parkiran sebelah barat pusat perbelanjaan tersebut. Bukan hendak berunjuk rasa menuntut kenaikan gaji, tapi pagi itu mereka hendak berlatih beladiri.

Advertisement

Tak tanggung-tanggung belasan polwan dari Polresta Solo dipimpin Kasatbinmas Polresta Solo, Kompol Yuliana juga ikut hadir di lokasi tersebut. Anggota polwan pun langsung memberikan contoh gerakan beladiri. Kemudian  beberapa karyawan wanita pun diminta maju, mereka pun antusias melihat sekaligus mempraktikan gerakan beladiri.

Menurut Heni Wulandari, 22, SPG Kao, kegiatan tersebut sangat membantunya untuk membela diri jika nantinya ada pelaku kejahatan yang mengincarnya. Maklum, setiap malam dia harus pulang sendiri mengendarai sepeda motor menuju Mulur, Kabupaten Sukoharjo.

“Latihan beladiri ini bagus, membuat saya lebih percaya diri. Apalagi sewaktu SMA saya juga pernah ikut latihan Taekwondo,” ujar Heni yang mengaku pernah dibuntuti sepeda motor tak dikenal saat pulang malam hari.

Advertisement

Hal senada juga disampaikan SPG Lock 7 Lock, Santi, 21, warga Gemolong, Kabupaten Sragen, bahwa kegiatan tersebut bisa sebagai antisipasi kejahatan dan memperkuat mental serta keberaniannya. “Selain waspada saat pulang malam hari mengendari sepeda motor, dengan berlatih beladiri seperti ini kita lebih percaya diri,” tuturnya kepada Espos.

Customer Service Coordinator Carrefour di Solo Paragon Mall, Lely Hidayat menjelaskan, bahwa kegiatan hasil kerjasama dengan Polresta Solo tersebut kali kedua. Pertama hanya sebatas teori, dan kali kedua, Sabtu, berupa praktik beladiri.

“Kami senang sekali bisa mendapat pelatihan beladiri, apalagi banyak karyawan yang pulang malam hari, sehingga ini bisa sebagai antisipasi kejahatan begal,” jelas Lely yang menambahkan, kegiatan tersebut akan digelar rutin satu bulan sekali.

Advertisement

Kasatbinmas Polresta Solo, Kompol Yuliana mengatakan kegiatan tersebut memang ditujukan terutama untuk karyawan wanita. Karena dari pengakuan pelaku penjambretan, sasaran mereka memang kebanyakan para wanita, karena dianggap lemah.

“Karena itu kami ingin menunjukan wanita tidak lemah, mereka juga bisa beladiri. Bahkan ada juga yang tanya antisipasi kejahatan gendam, kami juga jelaskan antisipasinya,” ungkap Yuliana.

Advertisement
Kata Kunci : Begal Di Solo Begal Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif