News
Sabtu, 11 April 2015 - 09:55 WIB

PENUMPANG GELAP DI RODA PESAWAT : Angkasa Pura II Akui Pengamanan Bandara Belum Sempurna

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mario Stephen Ambarita, penyusup pesawat Garuda lewat rongga roda (Facebook)

Penumpang gelap di roda pesawat jadi pembicaraan hangat pekan ini.

Solopos.com, PEKANBARU – PT Angkasa Pura II menilai insiden penyusupan Mario Stephen Ambarita ke pesawat di Bandara Sultan Syarif Kasim II Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, sebagai sebuah hikmah untuk mengevaluasi secara internal aspek keamanan di seluruh bandara.

Advertisement

“Saya tidak ingin mengatakan kejadian penyusupan Mario ini telah membuka bobroknya pengamanan di Bandara, tapi saya menganggapnya sebagai hikmah untuk Angkasa Pura,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi, pada konfrensi pers di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Pekanbaru, Jumat (10/4/2015).

Budi tidak membantah pelayanan dan juga pengamanan di semua Bandara yang dikelola Angkasa Pura (AP) II masih jauh dari sempurna. Penyusupan Mario adalah kelalaian dari AP II, karena itu selaku direktur utama ia menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat atas terjadinya insiden yang membahayakan aktivitas penerbangan itu.

Ia mengatakan sangat menanggapi serius insiden penyusupan Mario yang langsung ditindaklanjuti dengan investigasi internal di Bandara SSK II.

Advertisement

Selain itu, ia mengatakan pihaknya juga telah melakukan rotasi jajaran manajemen di Bandara SSK II dengan mengganti General Manager yang sebelumnya dijabat Slamet Samiaji kepada Dani Indra Iriawan.

“Saya berharap dikepemimpinan Pak Dani bisa segera melakukan perbaikan,” ujardia.

Penyusupan Mario Stephen Ambarita sempat menghebohkan publik setelah pria berusia 21 tahun itu berhasil membobol keamanan Bandara Pekanbaru dan menyusup ke bagian roda belakang Garuda Indonesia tujuan Jakarta. Pemuda asal Kabupaten Rokan Hilir, Riau itu menjadi penumpang gelap dan sempat terbang selama lebih dari satu jam sebelum aksinya dihentikan petugas Bandara Soekarno-Hatta.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif