Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kiri) berbincang dengan Ketua Bidang Ekonomi Kreatif Prananda Prabowo (kanan) saat pengumuman pengurus inti PDI Perjuangan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada Kongres PDIP 2015 di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Bali, Jumat (10/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu) Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kiri) berbincang dengan Ketua Bidang Ekonomi Kreatif Prananda Prabowo (kanan) saat pengumuman pengurus inti PDI Perjuangan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada Kongres PDIP 2015 di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Bali, Jumat (10/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)
Sabtu, 11 April 2015 16:40 WIB Feri Kristianto/JIBI/Bisnis Politik Share :

KONGRES PDIP 2015
PDIP Buka Peluang Kerja Sama dengan Partai Non Koalisi di Pilkada

Kongres PDIP 2015 menghasilkan beberapa keputusan terkait persiapan partai itu menghadapi pilkada.

Solopos.com, SANUR — PDIP membuka kemungkinan kerja sama dengan partai non koalisi pendukung pemerintahan untuk menghadapi pilkada 2015.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menuturkan kerja sama itu dapat dilakukan untuk daerah-daerah yang masuk kategori klaster dua, yaitu tempat yang perolehan suara PDIP-nya berkisar 10%-19%. PDIP membagi daerah menjadi tiga kluster, yaitu kluster pertama perolehan suara di atas 20%, kluster kedua 10%-19%, dan kluster ketiga di bawah 10%.

“Tentu saja kerja sama dalam kerangka ideologi, bukan pragmatisme untuk kekuasaan,” ujarnya penutupan Kongres di Sanur, Sabtu (11/4/2015).

Dia mengungkapkan kerja sama tetap akan memperhatikan saran dari daerah langsung. Pasalnya, secara sosiologis setiap daerah memiliki karakteristik berbeda. “Mengingat DPD dan DPC yang paham, maka DPP akan mendengarkan peta politik daerah untuk memenuhi kemenangan,” ujarnya.

Namun, untuk daerah kategori kluster pertama, di mana perolehan suara PDIP di daerah itu mencapai di atas 20%, partai akan memfokuskan dari internal partai. Sementara untuk kluster tiga, pihaknya memilih fokus meningkatkan perolehan suara.

Hasto Kristiyanto mengungkapkan pihaknya sudah melakukan rekrutmen calon kepala daerah mulai tiga bulan lalu. Saat ini proses penjaringan tengah berjalan untuk memutuskan calon kepala daerah yang sesuai dan segaris dengan ideologi partai.

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…