News
Sabtu, 11 April 2015 - 16:15 WIB

KASUS DANA HAJI : Penahanan SDA Dinilai Tak Pengaruhi PPP

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali mengenakan baju tahanan seusai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Hafidz Mubarak A.)

Kasus dana haji temui babak baru dengan penangkapan tersangka Suryadharma Ali.

Solopos.com, JAKARTA – Penahanan Suryadharma Ali (SDA) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai tidak berpengaruh serius terhadap eksistensi Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Hal itu karena mantan menteri agama tersebut bukan lagi ketua umum partai.

Advertisement

“Suryadharma Ali itu kan sudah bukan lagi ketua umum partai. Jadi penahanan dirinya oleh KPK saya kira tidak akan memberi pengaruh yang serius terhadap eksistensi PPP, serta tidak pula akan mengganggu soliditas partai itu, baik di dalam kepengurusan Djan Faridz, apalagi di kepengurusan Romahurmuziy atau Romi,” ujar pengamat politik Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia Said Salahudin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (11/4/2015).

Menurut dia, di partai manapun seorang mantan ketua umum akan tetap memiliki pengaruh di internal partainya.

“Tetapi pengaruh SDA di internal PPP hanya sebatas pada soal ketokohan dirinya saja. Para kader PPP menokohkan SDA sebagai bentuk penghormatan atas jasa dan dedikasinya dalam membangun partai, serta kontribusinya dalam pemerintahan,” kata dia.

Advertisement

Jadi penahanan SDA tidak akan menimbulkan implikasi yang dapat memengaruhi eksistensi dan soliditas partai setelah PPP dipimpin oleh Djan Faridz. PPP tidak akan menjadi kecil hanya karena SDA ditahan oleh KPK.

“Pascapenahanan SDA itu saya juga tidak melihat ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh kubu Romi untuk menjatuhkan kewibawaan kepengurusan PPP di bawah Djan Faridz. Djan bukan kepanjangan tangan, apalagi boneka SDA,” kata dia. (baca: Suryadharma Ali Ditahan KPK)

Ia mengutarakan Djan dipilih menjadi Ketua Umum PPP lebih disebabkan karena para penghuni rumah besar umat Islam itu memang menginginkan partai tersebut dipimpin oleh dirinya.

Advertisement

“Kubu Romi juga tidak punya benang untuk mengaitkan penahanan SDA dengan persoalan perselisihan kepengurusan di partai tersebut, apalagi menjadikannya sebagai amunisi untuk memenangkan kepengurusan PPP yang sah di pengadilan,” kata dia.

Ia mengutarakan kasus yang dituduhkan oleh KPK kepada SDA sama sekali tidak mempunyai korelasi dengan sengketa kepengurusan di PPP.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif