Jogja
Jumat, 10 April 2015 - 18:39 WIB

Sabtu, Bantuan PSKS akan Disalurkan untuk 43.020 Keluarga di Kulonprogo

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang (Dok/JIBI)

Bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) tahun 2015 di Kabupaten Kulonprogo akan dimulai pada Sabtu (11/4/2015) besok

Harianjogja.com, KULONPROGO-Distribusi bantuan pemerintah pusat melalui Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) tahun 2015 di Kabupaten Kulonprogo akan dimulai pada Sabtu (11/4/2015) besok.

Advertisement

Dana senilai Rp25 miliar akan disalurkan kepada para penerima yang mencapai 43.020 Rumah Tangga Sasaran (RTS).

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Sosnakertrans), Eko Pranyata mengungkapkan, distribusi bantuan PSKS akan dimulai sejak 11 April 2015 hingga 16 April 2015.

“Proses pencairan PSKS ini sama seperti sebelumnya. Pelaksanaannya oleh kantor pos di masing-masing kecamatan. Ada juga yang di kantor pemerintah desa dan Gedung Kesenian Wates. Semuanya sudah dijadwalkan oleh kantor pos,” papar Eko.

Advertisement

Meski demikian, Eko mengaku, penentuan RTS penerima PSKS masih menggunakan data lama.

“Pernah ada upaya perubahan sekitar 1.500 data, tapi yang berubah hanya di bawah 1.000 data. Ada kesalahan teknis saat memasukkan data di kantor pos. Kami mohon maaf jika nanti ada masyarakat yang lebih miskin tetapi tidak dapat,” katanya menjelaskan.

Eko menambahkan, realisasi pendistribusian bantuan PSKS tahun 2014 mencapai 98,86%. Dana sebesar Rp400 juta terpaksa tidak bisa dicairkan dan harus kembali ke pusat.

Advertisement

“Hal itu disebabkan ada yang sudah pindah, meninggal, transmigrasi, dan sebagainya. Namun, pencairannya tidak bisa langsung dialihkan kepada orang lain,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Wates, Abdullah mengatakan, sosialisasi untuk penyaluran bantuan PSKS sudah diberikan melalui masing-masing dukuh. “Jadwalnya sudah siap. Tempatnya juga sudah. Besok kita menggunakan Gedung Kesenian Wates,” ungkapnya.

Namun, Abdullah menambahkan, ada sedikit pergeseran jadwal penyaluran bantuan PSKS. Pihaknya harus melakukan penyesuaian karena Gedung Kesenian sudah disewa untuk acara hajatan warga pada hari Minggu (12/4/2015).

“Jadi penyaluran sudah kami mulai besok Jumat (10/4/2015) untuk mengantisipasi penyaluran yang seharusnya juga dilaksanakan pada hari Minggu,” terangnya kemudian.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif