Jogja
Jumat, 10 April 2015 - 15:21 WIB

Duh, Bantul Tak Punya Guru Inklusi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi suasana sekolah (JIBI/Solopos/Dok)

Bantul tidak memiliki guru inklusi

Harianjogja.com, BANTUL—Kabupaten Bantul sama sekali belum memiliki tenaga pendidik untuk sekolah inklusi.

Advertisement

Kepala Dinas Pendidikan Dasar (Disdikdas) Bantul Totok Sudarto mengatakan, selama ini untuk sekolah inklusi, pihaknya masih mendapat pinjaman tenaga pendidik dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY. Padahal Bantul membutuhkan 33 tenaga pendidik untuk sekolah inklusi.

Menurut Totok, sebenarnya potensi untuk menyiapkan tenaga pendidik bisa dilakukannya. Namun adanya moratorium Pegawai Negeri Sipil (PNS) membuat Pemkab Bantul tak bisa mengangkat
tenaga tambahan.

Terlebih, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) sudah menegaskan mengenai perubahan struktur pada 13 nomenklatur baru.

Advertisement

“Menpan juga tidak menyebut sama sekali soal pengaturan Guru Pembimbing Khusus [GPK]. Jadinya kami kesulitan,” ucapnya saat ditemui Kamis (9/4/2015).

GPK, menurut Totok, terbagi menjadi dua macam, yaitu GPK yang berasal dari guru SLB yang diperbantukan ke sekolah reguler dan GPK yang berasal dari guru sekolah reguler yang diberikan pelatihan.

Sedangkan untuk Bantul, ia mengakui hanya dipinjami tenaga pendidik dari Disdikpora DIY sebanyak delapan orang tenaga pendidik.

Advertisement

Pada 2015, Disdikdas Bantul berupaya memberikan dukungan dana untuk sekolah inklusi yang ada di. Dengan dana yang bersumber dari ABPD, pihaknya menganggarkan dana Rp10 juta per tahun untuk setiap sekolah.

Sedangkan di Bantul sendiri, jumlah sekolah inklusi terbilang cukup banyak. Di tingkat SD, jumlah sekolah inklusi mencapai lebih dari 50 unit. Sedangkan di tingkat SMP hanya delapan unit.

“Sampai saat ini, bantuan itu baru menyentuh untuk tingkat SMP saja, sedangkan yang tingkat SD belum tersentuh,” ujar Totok.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif