News
Kamis, 9 April 2015 - 21:55 WIB

SOLO COMPUTER BAZAAR 2015 : Smartphone Low End Paling Diburu

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana tak ramai Solo Computer Bazaar (SCB) 2015 di DSCC, Solo, Kamis (9/4/2015). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solo Computer Bazaar menempatkan smartphone low end sebagai pronadona.

Solopos.com, SOLO — Smartphone masih menjadi produk yang paling banyak dicari di Pameran Komputer dan Smartphone bertajuk Solo Computer Bazaar (SCB) 2015 yang diadakan di Diamond Solo Convention Center (DSCC). Apalagi, banyak promo yang ditawarkan selama pameran yang dilaksanakan hingga Minggu (12/4/2015) itu.

Advertisement

Ketua Solo Computer Bazaar 2015, Sigit Gunawan, mengklaim harga barang-barang yang ditawarkan dalam pameran itu menarik karena masing-masing stan memberikan potongan harga Rp200.000-Rp500.000. Selain itu, lanjut dia, ada pula promo voucher dan cashback yang diberikan oleh vendor yang meramaikan SCB 2015.

“Produk yang paling diburu adalah smartphone low end dengan harga Rp1,5 juta-Rp1,8 juta yang memiliki lebar layar 4,5 inci-5 inci. Selain itu, laptop juga masih dicari terutama yang layarnya tidak terlalu besar, sekitar 11 inci-14 inci,” ungkap Sigit saat dihubungi Solopos.com terkait Solo Computer Bazaar 2015 itu, Kamis (9/4/2015).

Teknologi Terbaru
Menurut dia, masing-masing vendor juga menawarkan bermacam teknologi terbaru, seperti Acer One 10 yang layarnya bisa dilepas sehingga bisa dibuat seperti netbook maupun komputer tablet. Dari sisi body atau tampilan, seperti halnya Oppo juga menawarkan bodi ramping yang terbuat dari stainless steel sehingga tahan banting dan lebih kokoh.

Advertisement

Diakuinya, pasar gadget saat ini sedang lesu karena tingkat kunjungan pada hari pertama pembukaan pameran, Rabu (8/4/2015), hanya 4.500 orang, lebih rendah jika dibandingkan pameran yang sama pada tahun 2014 lalu. Menurut dia, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menjadi salah satu penyebab sepinya pasar di pameran awal tahun 2015 ini.

Padahal saat ini, harga gadget dari distributor dan principal sudah dalam bentuk rupiah. Oleh karena itu, fluktuasi dolar tidak terlalu berpengaruh bahkan selama pameran, harga lebih murah jika dibandingkan hari biasa.

Jumat Ramai?
Menurut dia, kemungkinan kenaikan pengunjung akan terjadi pada Jumat (10/4) hingga Minggu. Dia mengungkapkan keyakinan mendekati kenaikan kelas juga memberi pengaruh pada penjualan kali ini.

Advertisement

Sigit menyampaikan saat ini, beberapa pengunjung ada yang membeli laptop untuk persiapan kenaikan kelas meski belum signifikan. Pameran tahunan ini diramaikan oleh 22 vendor gadget ternama dan terdiri atas 76 stan. Pelaksanaan SCB ini diharapkan juga mampu mendongkrak penjualan gadget di awal tahun yang saat ini sedang menurun.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif