News
Kamis, 9 April 2015 - 14:10 WIB

LOWONGAN KERJA : Buka 5.000 Lowongan, Pelamar Google Capai 2 Juta Orang

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Lowongan kerja,  Google mengaku harus menyeleksi 2 juta pelamar setiap tahunnya.

Solopos.com, NEW YORK – Gaji tinggi ditunjang fasilitas melimpah menjadikan Google salah satu perusahaan paling banyak diminati karyawan. Maka tak heran jika melihat jumlah pelamar perusahaan ini bisa sangat membludak.

Advertisement

Head of People Operation Google, Laszlo Bock, baru-baru ini mengungkap betapa sibuk orang-orang di divisinya dalam menyeleksi calon karyawan. Bayangkan hanya untuk merekrut 5.000 karyawan dalam setiap tahun, Google perlu menyeleksi sekitar 2 juta pelamar.

Seperti dilansir Mashable, Kamis (9/4/2015), Bock sehari-hari bekerja di kantor pusat Google di Mountain View, California. Dari kira-kira 2 juta lamaran yang datang dari seluruh dunia, hanya 5.000 saja akan diterima. Tiap pelamar kira-kira punya peluang 400 banding 1.

Tak sedikit yang mencoba menyuap Bock agar diterima jadi pegawai Google. Tak sedikit pula yang mengancamnya. Tapi Bock memastikan semua proses perekrutan karyawan Google dilakukan dengan obyektif.

Advertisement

Bock yang saat ini berusia 43 tahun bergabung dengan Google sembilan tahun lampau. Enam tahun lampau, karyawan Google sekitar 6.000. Kini sudah tembus 50 ribu, mungkin setara dengan penduduk sebuah kota kecil.

Bock mengaku Google punya standar tinggi dalam merekrut karyawan. “Bukan hanya sekadar pintar tapi kemampuan untuk menyerap informasi. Kedua adalah kepemimpinan. Ketika ada masalah, Anda langsung bertindak dan menyelesaikannya. Kemudian Anda mundur jika sudah tak diperlukan. Kemauan untuk menyerahkan kekuasaan ini sangat penting. Kemudian keahlian dalam pekerjaan,” papar Bock.

Jika diterima, gaji tinggi sudah pasti masuk rekening bank. Tunjangan pun banyak sekali, dari tunjangan anak, pernikahan dan sebagainya. Di kantor, makanan, minuman dan snack semuanya gratis. Dan seperti diketahui, desain kantor Google layaknya taman bermain saja. Ada pula lapangan olah raganya.

Advertisement

Meskipun proses perekrutan karyawan sedemikian ketat dan persaingannya begitu tinggi, tak jarang Bock kecolongan memasukkan karyawan yang akhirnya malah bermasalah. Menurutnya hal itu wajar saja.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif