News
Kamis, 9 April 2015 - 17:30 WIB

ISIS DI INDONESIA : Inilah Rekam Jejak Daeng Koro, Pernah Dipecat TNI karena Kasus Asusila

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Brimob sisir Gunung Patingkea, Senin (29/12/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Zainuddin M.N.)

ISIS di Indonesia membuat polisi makin gencar memburu kelompok-kelompok bersenjata.

Solopos.com, JAKARTA — TNI membantah keahlian strategi Daeng Koro didapat saat menjadi anggota TNI. Daeng Karo merupakan salah satu orang yang tewas dalam baku tembak di Pegunungan Sakina Jaya, Desa Pangi, Kecamatan Parigi Utara, Kabupaten Parimo, Sulawesi Tengah, Jumat (3/4/2014).

Advertisement

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Wuryanto, hal tersebut tidak mungkin mengingat Daeng Karo tidak lulus di Kopassus dan hanya seorang pemain voli. Dia menilai Daeng Koro hanya dibesar-besarkan seolah terampil strategi karena pernah di TNI.

“Daeng Koro seolah-olah dibesarkan, padahal cuma pemain voli,” katanya saat ditemui di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (9/4/2015).

Brigjen Wuryanto menambahkan bila Daeng Koro memiliki keahlian strategi saat memimpin kelompok teroris Santoso, hal itu semata-mata didapat secara alami. Namun dia memastikan Daeng Koro tidak mempunyai keterampilan militer. “Keahlian strategi itu kan naluri insting manusia. Secara militer ga ada,” katanya.

Advertisement

Daeng Koro sendiri tewas oleh peluru panas Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror saat terjadi kontak senjata di Pegunungan Sakina Jaya, Sulawesi Tengah, Jumat (3/4/2015) lalu.

Polri menyebut Daeng Koro merupakan aktor intelektual yang mendalangi teror kelompok Santoso terhadap warga dan pihak kepolisian di Sulawesi Tengah. Karena kepiawaiannya itu, bahkan Daeng disebut bekas anggota Kopassus.

Pihak TNI menyatakan Daeng Koro bernama asli Sabar Subagyo dipecat dari kesatuan karena tindakan asusila. Selain itu, Daeng diketahui tidak lulus menjadi anggota Kopassus dan hanya menjadi pemain voli di TNI.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif