News
Kamis, 9 April 2015 - 03:50 WIB

ELPIJI BERSUBSIDI : Subsidi Elpiji 3 Kg akan Dicabut? Ini Kata Menteri ESDM

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi elpiji 3 kg alias gas melon. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Elpiji bersubsidi, yakni ukuran 3 kg kemungkinan dicabut subsidinya dan dialihkan ke subsidi langsung.

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah membuka peluang untuk mencabut subsidi pada elpiji 3 kilogram dan mengalihkannya dalam bentuk subsidi langsung.

Advertisement

Menteri Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, mengatakan pemerintah masih mencari pola penyaluran LPG 3 kilogram yang tepat, untuk menghindari penyelewengan di lapangan.

Salah satu yang dikaji adalah pemberian subsidi kepada masyarakat langsung, dan mencabut subsidi pada produk elpiji tabung melon tersebut.

“Apakah bisa nanti suatu ketika, dan memang cetak birunya mengatakan harga [elpiji] tunggal. Subsidinya bukan kepada produknya, tetapi kepada orangnya langsung,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (8/4/2015).

Advertisement

Sudirman menuturkan saat ini pihaknya melakukan dialog dengan tim yang menangani kartu keluarga sejahtera, untuk melihat peluang penggunaan kartu tersebut digunakan untuk membeli elpiji, dan membayar tagihan listrik dengan harga subsidi.

Menurut Sudirman, pemerintah juga akan melaksanakan proyek percontohan mekanisme tersebut di daerah yang lebih mudah dikelola sebelum diterapkan secara nasional. Tujuannya, sistem yang akan diterapkan nantinya tidak memunculkan permasalahan baru, dan membebani masyarakat.

Dia juga menegaskan saat ini LPG 3 kilogram memang rentan untuk diselewengkan saat harga LPG tabung 12 kilogram dengan merek Elpiji dinaikkan. Perbedaan harga yang ada di pasar membuat masyarakat beralih ke LPG 3 kilogram yang memiliki harga lebih murah, karena disubsidi pemerintah.

Advertisement

“Realistisnya masalah ini tidak dapat selesai dalam waktu dekat, selama masih ada disparitas harga,” ujarnya.

Sudirman juga menargetkan akhir tahun ini pihaknya sudah dapat menerapkan distribusi tertutup pada penyaluran elpiji 3 kilogram. Dengan begitu, pemerintah dapat mencegah kelangkaan produk tersebut, karena banyaknya masyarakat yang melakukan migrasi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif