News
Rabu, 8 April 2015 - 04:45 WIB

PERBUDAKAN DI BENJINA : Pemerintah Cari ABK asal Indonesia Korban Perbudakan Benjina

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Dugaan perbudakan di Benjina, Aru, yang diungkap kantor berita AP, mulai diselidiki pemerintah.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah mencari warga negara Indonesia yang menjadi korban perbudakan anak buah kapal (ABK) di kapal laut asing yang berlayar di perairan negara lain.

Advertisement

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengatakan ABK asal Indonesia ada yang diperlakukan seperti ABK asal Myanmar dan Thailand di Benjina. Akan tetapi, ABK asal Indonesia tidak dipekerjakan di perairan nasional.

“ABK asal Indonesia itu ikut kapal asing yang berlayar di luar negeri, seperti Angola, Jepang, dan Australia,” kata Susi Pudjiastuti di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (7/4).

Susi Pudjiastuti menuturkan setiap perusahaan dan negara memang memperlakukan ABK-nya dengan cara yang berbeda. Untuk itu, pemerintah akan memastikan seluruh ABK asal Indonesia tidak mengalami perbudakan oleh perusahaan perikanan tempatnya bekerja.

Advertisement

Menurutnya, selama ini pemerintah tidak memiliki data yang jelas mengenai perusahaan dan tempat ABK asal Indonesia bekerja. Pemerintah hanya mengetahui ada ABK asal Indonesia yang bekerja untuk di perusahaan tertentu dan sedang berlayar di perairan luar negeri saat terjadi insiden pada kapal yang ditumpanginya.

“Hal ini seperti yang terjadi saat ada kapal yang tenggelam di Laut Bering dan kapal Jepang mengalami insiden di laut Australia bagian barat. Kita baru tahu kalau ada ABK asal Indonesia di sama,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya membentuk tim khusus untuk menangani dugaan perbudakan di Benjina, Kabupaten Aru. Hal itu dilakukan, karena kasus tersebut telah menjadi perhatian kalangan internasional.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif