News
Rabu, 8 April 2015 - 14:35 WIB

LOWONGAN POLISI 2015 : Polri akan Rekrut 15.350 Personel, Ini Syaratnya

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (istimewa)

Lowongan polisi 2015 bisa diakses secara online melalui www.penerimaan.polri.go.id.

Solopos.com, JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali membuka kesempatan bagi para pemuda Indonesia untuk bergabung menjadi polisi. Hari ini,  Polri secara resmi membuka pendaftaran secara daring atau online.

Advertisement

“Dalam penerimaan anggota Polri 2015, Polri akan menerima 15.350 personel tambahan,” kata Asisten Sumber Daya Manusia Polri Irjen Haka Astana, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (8/4/2015).

Ia mengatakan pendaftaran dibuka mulai hari ini hingga 25 April 2015 melalui laman atau website www.penerimaan.polri.go.id.

Advertisement

Ia mengatakan pendaftaran dibuka mulai hari ini hingga 25 April 2015 melalui laman atau website www.penerimaan.polri.go.id.

Ia merinci kebutuhan 15.350 calon personel Polri terdiri atas 300 orang melalui pendidikan Akpol, 50 orang melalui pendidikan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS), dan 15.000 orang dari Tamtama dan Brigadir.

Dalam laman tersebut, hanya dibuka tiga seleksi calon anggota Polri yakni Akademi Kepolisian (Akpol), Brigadir dan Tamtama. Sementara pendaftaran taruna Sumber Sarjana sudah ditutup.

Advertisement

“Kalau tahun-tahun sebelumnya masing-masing panitia melaksanakan seleksi Polda hingga Mabes Polri,” ucap dia.

Untuk taruna Akpol, pihaknya menargetkan untuk menjaring 300 orang yakni sebanyak 250 orang laki-laki dan 50 orang perempuan.

Para taruna Akpol tersebut akan menjalani pendidikan selama empat tahun di Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah. “Para lulusannya adalah sarjana ilmu kepolisian,” tutur dia.

Advertisement

Sementara untuk taruna brigadir akan menjalani pendidikan selama tujuh bulan di SPN-SPN di seluruh Indonesia dan taruna tamtama akan mengikuti pendidikan selama empat bulan.

Persyaratan umum seleksi taruna Akpol yakni WNI, pendidikan paling rendah SMU/sederajat, berumur paling rendah 18 tahun pada saat diangkat menjadi anggota Polri, sehat jasmani dan rohani, tidak terlibat kasus pidana atau pernah dipidana dan lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota Polri.

Sementara persyaratan untuk seleksi Brigadir Polri yaitu lulus SMA/MA/SMK dengan minimal nilai akhir 60, bagi kelas III menggunakan rata-rata rapor semester 1 minimal 60, umur pada saat buka pendidikan minimal 17 tahun lima bulan, maksimal 21 tahun, bertinggi badan untuk pria minimal 165 cm, untuk perempuan 163 cm.

Advertisement

Untuk persyaratan menjadi Tamtama yakni WNI, pendidikan SMU/sederajat, berumur minimal 18 tahun, sehat jasmani rohani dan lolos pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota Polri.

Haka menjelaskan proses tahapan seleksi calon Polri tersebut di antaranya meliputi kelengkapan administrasi, tes kesehatan tahap 1, tes psikologi, tes akademik, tes kesehatan tahap 2 serta tes jasmani.

Dalam seleksi penerimaan calon taruna Polri, peserta tidak dipungut bayaran sepeser pun. “Kalau ada pungutan, laporkan ke polda setempat melalui biro propamnya,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif