Jatim
Selasa, 7 April 2015 - 05:05 WIB

UJIAN NASIONAL : Belasan Ribu Siswa SLTA Jember Siap Ikuti UN

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian nasional paket kesetaraan (JIBI/Dok)

UJIAN NASIONAL : Belasan Ribu Siswa SLTA Jember Siap Ikuti UN
Ujian Nasional (UN) di Jember, Jawa Timur bakal diikuti oleh belasan ribu siswa setingkat sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA).
Madiunpos.com, JEMBER – Sebanyak 17.375 siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat akan mengikuti ujian nasional (UN) yang dilakukan secara serentak di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Senin (13/4) pekan depan.
Kepala Dinas Pendidikan Jember, Bambang Hariono, mengatakan sebanyak 17.375 siswa yang mengikuti UN tersebut terdiri dari 6.881 siswa SMA, sebanyak 10.477 siswa SMK, dan 17 siswa dari SMA Luar Biasa.
“Belasan ribu siswa yang mengikuti UN tersebut tersebar di 60 SMA negeri/swasta, sebanyak 150 SMK negeri/swasta, dan satu lembaga SMALB,” tuturnya, Senin (6/4/2015).
Menurut dia, UN tingkat SMA dan sederajat akan digelar selama tiga hari yakni pada 13-15 April 2015 dengan tujuh mata pelajaran untuk jurusan bahasa, lima mata pelajaran untuk jurusan IPA, dan tujuh mata pelajaran untuk jurusan IPS. Sedangkan ujian susulan UN akan digelar pada 20-22 April 2015.
“Pihak Dinas Pendidikan akan mengambil naskah UN pada Rabu (8/4) di Surabaya dan akan didistribusikan ke sub rayon pada Sabtu (11/4) untuk menghindari adanya kebocoran soal,” tuturnya.
Bambang mengimbau siswa tetap belajar dengan rajin dan serius mengerjakan UN, meskipun ujian tersebut bukan lagi menjadi penentu kelulusan siswa di sekolah.
“Kami sudah menginstruksikan kepada seluruh kepala sekolah untuk memberikan pemahaman kepada siswanya, agar tetap semangat dan rajin belajar untuk menghadapi UN, meskipun bukan sebagai syarat kelulusan,” paparnya.
Ia menjelaskan pihaknya melalui sekolah sudah mengadakan uji coba (try out) UN yang digelar secara serentak di Jember, sebagai sarana latihan para siswa menjelang UN.
“Mudah-mudahan tahun ini semua siswa SMA dan sederajat bisa lulus 100 persen,” katanya.
Data Dinas Pendidikan Jember mencatat sebanyak 31 siswa SMA dan SMK di Kabupaten Jember tidak lulus UN pada 2014.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Try Out Ujian Nasional
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif