News
Selasa, 7 April 2015 - 03:42 WIB

KISAH INSPIRATIF : Anggota Satpam Ini Sumbangkan 3/4 Gaji untuk Anak Miskin

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ma Yon (Shanghaiist.com)

Kisah inspiratif ini tentang seorang anggota satpam yang senantiasa menyisihkan 3/4 gajinya untuk disumbangkan untuk anak-anak miskin. Totalnya sampai Rp982 juta.

Solopos.com, WEIHAI – Anggota satuan pengamanan (satpam) dari Kota Weihai, Tiongkok, ini patut diteladani. Ia selalu menyisihkan pendapatannya setiap bulan untuk membantu anak-anak miskin. Pria bernama Ma Yon itu menyumbangkan 3/4 gajinya setiap bulan, jika diakumulasi kini nilai totalnya sudah setara dengan Rp982 juta.

Advertisement

Kisah inspiratif ini kali pertama dilansir Shanghaiist.com, Senin (6/4/2015). Disebutkan, Ma Yon mendapatkan gaji bulanan senilai 2.200 yuan atau setara dengan Rp4,5 juta. Tak ia nikmati sendiri. Dia selalu menyumbangkan 1.700 yuan untuk 17 anak-anak yang miskin.

Lebih menakjubkannya lagi, langkah terpuji itu dilakukan Ma Yon selama 19 tahun terakhir. Ma Yon merasa cukup dengan 1/4 gajinya untuk kebutuhan sehari-hari. Dia menggunakan uangnya untuk makan serta kebutuhan transportasi setiap harinya.

“Saya cukup makan dan mengunakan pakaian seadanya. Itu adalah sebuah kebahagiaan,” ujar Ma Yon.

Advertisement

Saat ini, total sumbangan yang telah dikeluarkan oleh Man Yon berjumlah 470.000 yuan atau setara dengan Rp982 juta. Namun, kisah inspiratif yang dilakukan oleh Ma Yon itu sempat mendapat tentangan dari keluarganya terutama ibunya.

Ma Yon memang masih tinggal bersama dengan sang ibu. Ibunya kerap menyuruh dia untuk berhenti memberikan sumbangan dan memilih untuk menabung untuk kebutuhannya di masa mendatang. Namun, Ma Yon bersikeras tidak akan menghentikan aksi amalnya itu.

Dia kemudian menjelaskan alasan utama melakukan kisah inspiratif itu adalah ketika ibunya mengalami kecelakaan. Saat itu sang ibu yang bekerja sebagai penjahit harus kehilangan jarinya.

Advertisement

Saat mereka tidak memiliki biaya untuk membayar rumah sakit, seorang teman Ma Yon menyumbangkan uang. Sejak saat itu Ma Yon terinspirasi untuk terus berbagi kepada orang-orang yang tidak beruntung.

Mau meniru?

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif