Jogja
Senin, 6 April 2015 - 09:20 WIB

KECELAKAAN GUNUNGKIDUL : Sumur Terlalu Sempit, Korban Sulit Dievakuasi

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sumur (JIBI/Solopos/Dok)

Kecelakaan Gunungkidul, balita yang terjatuh di sumur tua sulit dievakuasi.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Balita asal Dusun Purwosari, Desa Baleharjo, Wonosari, Deniko Nur Samanda,2, tercebur sumur saat berusaha mencari ulat. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (5/4/2015) sekitar pukul 10.30 WIB di sebuah lahan warga di Dusun Selang 3, Desa Selang.

Advertisement

Kejadian bermula saat korban bersama ibunya, Denok Nuryatun menghadiri arisan pedagang kaki lima di rumah Marno. Sesampainya di tempat arisan, Deniko langsung bermain di sekitar lokasi, Ibunya sempat mengawasi balita tersebut.

Tak berapa lama, Deniko memanjat sebuah sumur tua yang ditutup dengan anyaman bambu. Tujuannya, ingin meraih kepompong dalam daun pisang yang ada di atas sumur. Nahas, penutup sumur yang sudah dimakan usia ambrol. Tubuh korban langsung masuk ke sumur sedalam 25 meter. Melihat kejadian itu, Denok berteriak histeris dan meminta bantuan. Kontan saja, peserta arisan pun berhamburan menuju asal jeritan.

Sayang warga tidak berani langsung melakukan pertolongan mengingat kondisi sumur yang terlalu sempit. Warga pun langsung meminta bantuan ke petugas kepolisian dan Search and Rescue (SAR) PMI Gunungkidul.

Advertisement

Tak berselang lama, petugas kepolisan dan anggota SAR datang ke lokasi. Petugas pun langsung turun ke sumur untuk mencari tubuh korban. Namun dikarenakan sempitnya lubang dan debit air mencapai ketinggian delapan meter. Dibutuhkan waktu sekitar tujuh jam lebih, untuk mengangkat jasad korban, karena baru bisa dievakuasi sekitar pukul 17.45 WIB.

“Selain sempit, di dalam sumur juga ada rongga. Beberapa petugas juga sudah bergantian untuk mengambil korban,” ungkap Widyantoro, salah seorang anggota PMI Gunungkidul.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif