Lifestyle
Senin, 6 April 2015 - 00:40 WIB

HASIL PENELITIAN : Satu dari 3 Wanita Bisa Terkena Serangan Jantung

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi serangan jantung (medicalnewstoday.com)

Hasil penelitian dari Yale School of Public Health menunjukkan satu dari tiga wanita bisa terkena serangan jantung.

Solopos.com, JAKARTA — Wanita juga rentan dengan serangan jantung. Namun banyak wanita yang belum mengenai gejala penyakit ini. Yale School of Public Health Amerika Serikat melakukan penelitian dan hasilnya, satu dari tiga perempuan bisa meninggal karena penyakit jantung.

Advertisement

Dikutip dari ABC News pada Minggu (5/4/2015) menurut studi yang dilakukan para peneliti dari Yale School of Public Health, penyakit jantung dapat membunuh satu dari tiga perempuan tiap tahunnya.

Terutama pada perempuan muda yang sering tidak mengenali tanda dan gejala penyakit jantung ini, maka akan sangat rentan terkena serangan jantung.

Para peneliti mewawancarai 30 perempuan berusia antara usia 30-55 tahun yang telah mengalami serangan jantung. Keseluruhan peremouan tersebut awalnya tidak mengenali gejala serta faktor risiko penyakit jantung sehingga pengobatannya pun terlambat dijalani.

Advertisement

“Dari penelitian ini, kami segera mengetahui bahwa kebanyakan wanita tidak mengenali gejala penyakit jantung di diri mereka karena gejala umumnya hampir mirip dengan gejala penyakit lain,” ungkap dr Jennifer Ashton, kontributor medis ABC News sebagaimana dikutip Detik.

Menurut peneliti, ketidaktahuan inilah yang bertanggung jawab pada kematian 15 ribu perempuan tiap tahunnya akibat serangan jantung di Amerika Serikat.

Hal ini juga bisa menjelaskan mengapa peremouan di bawah usia 55 tahun memiliki risiko kematian dua kali lebih besar dibandingkan pada laki-laki di kelompok usia yang sama.

Advertisement

Apalagi, gejala penyakit jantung pada wanita tidak terlalu menonjol yang membuat wanita tidak curiga pada gejala-gejala aneh di tubuhnya.

“Nyeri dada, sesak napas dan bahkan gejala mirip flu seperti mual, muntah dan sakit perut adalah gejala penyakit jantung yang juga merupakan gejala penyakit lainnya secara umum,” ujar dr Jennifer.

dr Jennifer menambahkan gejala serangan jantung mungkin bisa terjadi selama beberapa hari bahkan berminggu-minggu lamanya sebelum serangan jantung terjadi.

Menurut catatan American Hearts Association, umumnya perempuan mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan pada satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang serta perut yang menjadi gejala dari penyakit jantung. Jika Anda memiliki salah satu gejala tersebut, segera meminta bantuan medis untuk menanganinya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif