News
Sabtu, 4 April 2015 - 18:00 WIB

HUT SOLOPOS FM : Lomba Baca Berita Radio: Mahasiswa UNS Borong Juara

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana lomba baca berita radio kategori mahasiswa di Griya Solopos, Sabtu (4/4/2015). (Damar Sri Prkaoso/JIBI/Solopos)

HUT Solopos FM ditandai dengan lomba baca berita radio yang diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Solopos.com, SOLO — Mahasiswa UNS memborong semua gelar juara lomba baca berita radio kategori mahasiswa yang diselenggarakan di Griya Solopos, Sabtu (4/4/2015). Mereka berhasil menyisihkan ke-27 finalis lainnya yang berasal dari kampus UNS, UMS dan IAIN Surakarta.

Advertisement

Ardianto Wijaya, mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS semester II berhasil menjadi juara I, disusul Wahyu Putri Nur Indah Sari, mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik UNS Semester XII (juara II). Berikutnya, Arina Rohmatul Hidayah, mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS Semester VI (juara III).

Lomba yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-11 Solopos FM itu berjalan seru. Kendati saling bersaing, namun semua peserta saling memberi dukungan kepada siapa pun yang maju untuk membaca naskah berita radio. Berdasarkan pantauan Solopos.com di lokasi, tepuk tangan meriah mewarnai jalannya lomba yang dimulai pukul 13.30 WIB itu.

Pada babak grandfinal ini, peserta membaca berita radio yang telah disiapkan panitia dan dinilai secara langsung oleh juri. Aspek penilaiannya di antaranya menyangkut intonasi, artikulasi, dan performa. Selanjutnya dipilih tiga terbaik berdasarkan poin tertinggi.

Advertisement

Saat ditemui seisau lomba, Ardianto mengaku tak menyangka dapat memenangi lomba baca berita radio. “Soalnya saingannya berat-berat dan dari kampus lain juga. Mereka rata-rata sudah memiliki jam terbang tinggi. Mudah-mudahan kemenangan ini bisa jadi batu loncatan saya untuk lebih serius lagi menekuni news broadcasting di radio,” ujar dia.

Hal serupa disampaikan Wahyu Putri yang mengaku senang bisa menjadi juara II. “Dulu saya pernah ikut lomba baca berita di Solopos FM tapi tidak menang, dan kali ini mencoba, malah menang. Saya senang sekali,” kata dia.

Juara III lomba, Arina, juga mengaku senang dan bangga karena bisa mengharumkan nama kampusnya dan keluarganya. “Saya terus belajar membaca berita di koran dan lebih ke persiapan mental. Tadi sempat kakinya gemetar, untungnya tidak sampai mempengaruhi suara dan performance saya,” kata Arina.

Advertisement

Menurut Program Director Solopos FM, Damar Sri Prakoso, ketiga juara itu mendapatkan hadiah trofi dan uang pembinaan masing-masing tabungan dari BNI Taplus Muda senilai Rp750.000, Rp500.000 dan Rp250.000.

“Untuk penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada saat seremoni puncak HUT ke-11 Solopos FM, yang akan diadakan Senin (13/4/2015) di Griya Solopos. Pemenang lomba baca berita kategori mahasiswa dan kategori umum yang baru digelar Minggu (5/4/2015), semua akan diundang di seremoni peringatan HUT ke-11 Solopos FM,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif