Lifestyle
Jumat, 3 April 2015 - 06:15 WIB

TIPS KELUARGA : Ibu Hamil Malas Cuci Tangan Berisiko Keguguran

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu hamil (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Tips keluarga bagi ibu hamil. Rajin-rajinlah ibu hamil untuk mencuci tangan. Jika tidak risiko toksoplasma mengintai.

Solopos.com, JAKARTA — Akademisi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Agustin Kusumayati mengatakan, ibu hamil (bumil) yang malas mencuci tangan sangat beresiko terinfeksi sejumlah penyakit terutama toksoplasma yang bisa menyebabkan keguguran janin.

Advertisement

“Toksoplasma gondii ini banyak terdapat pada hewan peliharaan yang kebersihannya kurang diperhatikan. Mikroorganisme ini menyerang janin dan menyebabkan keguguran,” kata Agustin yang juga Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, di Jakarta, Rabu (1/4/2015) sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.

Infeksi tokso dapat dihindari dengan menjaga kebersihan bagi ibu hamil, lewat mencuci tangan dengan sabun sampai bersih sebelum makan dan minum.

Dengan perilaku tersebut, kata Agustin, dapat menghindarkan masuknya virus ke dalam tubuh ibu hamil.

Advertisement

“Misalkan bumil menyentuh apapun yang terkontaminasi toksoplasma dan makan menggunakan tangan tanpa dicuci dulu maka dapat terinfeksi mikroorganisme ini berisiko pada janinnya,” katanya.

Penularan tokso, lanjut dia, banyak terjadi karena bumil malas mencuci tangan dengan sabun hingga bersih, setelah yang bersangkutan melakukan kontak langsung dengan hewan peliharaan yang dihinggapi parasit Toksoplasma gondii.

Agustin juga menyarankan agar ibu hamil menghindari kontak dengan hewan peliharaan untuk alasan kesehatan.

Advertisement

“Kalaupun janin tidak gugur, bisa jadi bayi mengalami cacat saat lahir. Kebanyakan mengalami gangguan kecerdasan,” kata dia.

Toksoplasma gondii sendiri merupakan penyebab penyakit toksoplasma. Mikroorganisme tersebut kerap menjadi parasit pada beberapa jenis hewan seperti anjing, kucing dan burung.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif