Entertainment
Jumat, 3 April 2015 - 12:45 WIB

MPOK NORI MENINGGAL : Begini Perjalanan Karier Mpok Nori

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Mpok Nori meninggal dunia di usia 84 tahun. Pejalanan kariernya sebagai komedian terbilang cukup cemerlang.

Solopos.com, JAKARTA – Komedian sekaligus seniman Lenong Betawi, Nuri Sarinuri atau akrab disapa Mpok Nori, meninggal dunia akibat penyakit asma. Mpok Nori wafat pada Jumat (3/4/2015) pukul 07.40 WIB.

Advertisement

“Meninggal karena sesak nafas Asma. Enggak ketolong pas dibawa ke RS jam 01.30 pagi,” kata cucu Mpok Nori, Mawan, Jumat (3/4/2015), dikutip Solopos.com dari Detik.

Kabar duka ini sebelumnya dikutip Solopos.com dari laporan Detik yang menerima pesan pesan pada Jumat (3/4/2015) pagi. Dalam pesan tersebut tertulis Mpok Nori meninggal pada pukul 07.40.

“Telah meninggal dunia mak hj Nori pada pagi hari ini, pukul 07.40 WIB beliau menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pasar Rebo, Jakarta Timur. Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan semasa hidupnya,” tulis pesan tersebut.

Advertisement

Mpok Nori menikah bersama suaminya tahun 1946, di mana ia masih berusia 16 tahun. Mpok Nori meninggalkan 13 orang anak, beberapa cucu, beberapa cicit dan beberapa Cagah.

Sebagai seorang pelawak, penampilan Mpok Nori semasa hidupnya khas dikenal dengan logat Betawinya yang kental. Mpok Nori dikenal sebagai komedian yang ceplas-ceplos.

Di usia senja, Mpok Nori masih tampik energik. Mpok Nori sering muncul di acara komedi dengan teriakan-teriakannya yang selalu mengundang tawa.

Advertisement

Awal karier Mpok Nori dimulai dari pentas lenong betawi dan mulai dikenal luas setelah ikut bermain dalam serial “Pepesan Kosong”. Selain berakting, Mpok Nori memiliki sanggar seni sebagai sarana pendidikan seni peran murid-murid Mpok Nori.

Mpok Nori lahir di Jakarta, 10 Agustus 1930. Dia adalah pelawak yang dikenal sering tampil di acara komedi populer seperti Opera Van Java, Lenog Betawi dan banyak lainnya.

Beberapa tahun terakhir Mpok Nori merambah dunia film. Dia tampil di film-film seperti Hantu Biang Kerok (2009), Get Married 2 (2009), Get Married 3 (2011), Pocong Mandi Goyang Pinggul (2011), Penganten Pocong (2012), Jeritan Danau Terlarang (2013), Sule Detektif Tokek (2013) hingga Malam Suro di Rumah Darmo (2014)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif