Lifestyle
Kamis, 2 April 2015 - 00:20 WIB

TIPS KESEHATAN : Berikut Penanganan & Pencegahan TB

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tips kesehatan mengenai TB ternyata sederhana. Asalkan telaten, pasien dapat sembuh 100%.

Harianjogja.com, SLEMAN-Bupati Sleman, Sri Purnomo mengajak masyarakat turut peduli dalam upaya penanganan penyakit tuberkolosis (TB). Menurut dia, pencegahan dan pengobatan TB pada dasarnya tergantung pada perilaku seseorang menjalani hidup bersih dan sehat.

Advertisement

Deteksi Dini
Petugas kesehatan juga diharapkan selalu melakukan deteksi dini agar TB segera teratasi.

Disiplin Berobat
“Penting juga memberikan informasi dan penjelasan terhadap penderita TB agar selalu disiplin berobat,” kata Sri Punomo pada sarasehan TB dunia di Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (31/3/2015).

Penderita TB membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam berobat.

Advertisement

“Penyakit ini bisa disembuhkan asal penderita disiplin berobat dan menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya,” ucap Sri Purnomo.

Forum Berbagi Informasi
Berdasarkan informasi dari Direktur Jenderal Pengawasan Penyakit dan Pengelolaan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI, Indonesia menduduki peringkat empat terbanyak untuk penderita TB pada tahun 2014. Sedangkan tiga peringkat teratas ditempati negara Cina, India, dan Afrika Selatan. Melihat kondisi tersebut, kata dia, Indonesia dan negara lain dengan beban penyakit TB tertinggi perlu banyak belajar dari negara yang tergolong sukses menanggulangi TB.

“Misalnya melalui forum berbagi informasi tentang situasi terkini. Upaya kemitraan yang luas dan program penangulangan TB harus terus dilakukan,” papar Sri Purnomo.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif