Sport
Kamis, 2 April 2015 - 01:25 WIB

MOTOGP 2015 : Rebut Podium, Jatah Bahan Bakar Ducati Dikurangi

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembalap Ducati MotoGP Andrea Dovizioso (kanan) melaju di hadapan kompatriotnya Andrea Iannone (tengah) dan dikejar pembalap Yamaha Valentino Rossi saat ajang Qatar MotoGP Grand Prix di Losail International circuit. JIBI/Reuters/Fadi Al-Assaad

MotoGP 2015 seri pertama di Qatar menjadi panggung gemilang Ducati. Karena meraih podium, justru jatah BBM mereka dikurangi.

Solopos.com, DOHA—Dua posisi di podium yang berhasil diraih Ducati dalam seri perdana MotoGP 2015 di GP Qatar, di Sirkuit Losail, Minggu (29/3/2015), membikin tim asal Italia ini kehilangan fasilitas bahan bakar ekstra. Kini mereka hanya mendapat jatah 22 liter dari semula 24 liter setiap balapan.

Advertisement

Sebelumnya, Ducati berlaga di ajang balap kelas premier musim 2015 ini sebagai tim factory 2 yang mendapat keuntungan seperti kelas terbuka. Salah satunya adalah soal bahan bakar yang dijatah 24 liter. Sesuai regulasi jumlah itu akan dikurangi jika tim pabrikan Italia itu mampu tampil sebanyak tiga kali di podium.

Ketiga podium itu dihitung dari capaian Dovizioso di posisi ketiga di GP Austin 2014, urutan kedua di GP Qatar 2015, dan prestasi Iannone di tempat ketiga di GP Qatar 2015. Jatah sebanyak itu hanya selisih dua liter dari tim pabrikan seperti Yamaha dan Honda yang mendapat 20 liter.

Seri pertama ini memang istimewa karena tim asal Bologna, Italia, tersebut menempatkan dua pembalapnya, Andrea Dovizioso, dan Andrea Iannone, finis kedua dan ketiga mendampingi jagoan Yamaha, Valentino Rossi, yang memenangi balapan.

Advertisement

Tak hanya soal bahan bakar, sejumlah fasilitas open class yang kini didapat Ducati akan dicabut jika mereka memenangi memenangi tiga balapan di trek kering. Antara lain, keuntungan penggunaan ban lebih lunak yang khusus diberikan untuk tim kelas terbuka.

“Terkait dengan hasil Ducati di GP Qatar  yang membikin Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone naik podium, maka jatah bahan bakar dikurangi dari 24 menjadi 22 liter. Keputusan ini mengacu pada aturan soal kelas pabrikan MotoGP pada regulasi Kejuaraan Balap Motor FIM,” rilis otoritas MotoGP, dilansir crash.net, Rabu (1/4).

Lebih lanjut mereka menjelaskan peraturan ini berlaku sejak GP Amerika Serikat, Minggu (12/4), hingga akhir musim. Regulasi ini tak hanya untuk tim utama Ducati melainkan semua tim satelit Ducati, Pramac Ducati, yang diperkuat Danilo Petrucci dan Yonny Hernandez.

Advertisement

“Dari GP Amerika hingga akhir musim kapasitas bahan bakar Ducati maksimal akan mendapat 22 liter,” jelas mereka. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Advertisement
Kata Kunci : Ducati Motogp 2015
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif