Teknologi
Rabu, 1 April 2015 - 00:05 WIB

TEKNOLOGI TERBARU: Perangkat "Ajaib" Ini Bikin Tuna Netra Bisa Melihat

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wearable Device yang memungkinkan tuna netra bisa melihat (Theengineer.co.uk)

Teknologi terbaru diciptakan oleh sebuah perusahaan bernama Massachusetts Eye and Ear. Perangkat tersebut diklaim mampu membantu tuna netra melihat sekelilingnya.

Solopos.com, SOLO – Sebuah perusahaan asalah Massachusett, Amerika Serika (AS), bernama Massachusetts Eye and Ear menciptakan wearable device yang sangat berguna bagi penyandang tuna netra. Teknologi tersebut katanya mampu membuat tuna netra dapat melihat.

Advertisement

Seperti dilansir Ubergizmo, Jumat (27/3/2015), dalam menciptakan wearable device tersebut, Massachusetts Eye and Ear bekerjasama dengan Schepens Eye Research Insitute. Teknologi terbaru yang belum memiliki nama itu diklaim sangat membantu tuna netra dalam beraktivitas.

Wearable device itu berbentuk seperti kamera. Teknologi terbaru itu akan memperingatkan penggunanya saat dia berhadapan dengan penghalan atau benda yang membahayakan.

Perangkat wearable device itu diciptakan dalam dua jenis. Pertama yakni perangkat yang bisa dipakai di kepala seperti kacamata. Pengembang juga menciptakan perangkat tersebut berbentuk kotak yang bisa diletakkan di saku atau kerah pengguna.

Advertisement

Perangkat tersebut juga dilengkapi sebuah sensor canggih. Sensor tersebut bisa digunakan untuk memprediksi gerakan yang akan dilakukan pengguna serta menginformasikan apa saja yang ada di sekelilingnya.

Saat uji coba, para peneliti mengklaim pengguna wearable device itu berhasil menghindari berbagai rintangan di hadapannya 37% lebih baik dibanding alat-alat yang pernah diciptakan sebelumnya. Namun, belum diketahui apakah teknologi terbaru itu akan diproduksi secara massal atau tidak.

Massachusetts Eye and Ear masih menghitung kemungkinan perangkat ini untuk dapat diproduksi masal di masa yang akan datang.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif