Jateng
Rabu, 1 April 2015 - 20:50 WIB

PENAMBANGAN PASIR MERAPI : Tertimpa Material Longsoran, Penambang Tewas

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lokasi penambangan pasir di aliran Sungai Kaliworo wilayah Dukuh Trayu, Desa Kendalsari, Kemalang, Klaten, ditinggalkan para penambang setelah tebing sungai longsor, Rabu (28/1/2015). Dari kejadian itu, seorang penambang tewas tertimba batu cadas. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Penambahan pasir Merapi memakan korban. Seorang penambang tewas tertimpa longsoran material.

Kanalsemarang.com, MAGELANG — Seorang penambang pasir di lereng Gunung Merapi di kawasan hulu Sungai Bebeng meninggal dunia setelah tertimpa material longsoran pada Rabu (1/4/2015) siang.

Advertisement

Korban meninggal tersebut adalah Fatoni, 40, warga Dusun Cawaan, Desa Srumbung, Kecamatan Srumbung. Korban meninggal di lokasi kejadian karena mengalami luka parah pada bagian kepala, keher, dan tangan.

Sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Antara, seorang saksi, Sutrisno, mengatakan saat kejadian korban menambang bersama tiga rekannya, yakni Supri, 35; Sukri, 40; dan Busri, 30. Mereka berasal satu kampung dengan korban.

Ia mengatakan tiba-tiba tebing longsor, tiga rekan korban berhasil menyelamatkan diri, namun korban menabrak “angkong” dan tertimpa batu padas besar.

Advertisement

“Ada suara teriakan dan kami menoleh ternyata tebing longsor. Fatoni tidak sempat lari karena menabrak angkong dan tertimbun longsoran,” katanya.

Ia mengatakan jenazah korban dievakuasi menggunakan truk. Lokasi kecelakaan itu, masuk wilayah Sungai Bebeng atau Cawang Kulon.

Lokasi kejadian dari perkampungan terdekat, yakni Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung berjarak sekitar enam kilometer melalui alur sungai.

Advertisement

“Korban mencari pasir persis di bawah tebing setinggi 50 meter. Lokasi itu memang sangat berbahaya karena tebing tinggi yang sudah gembur sehingga rawan longsor,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif