News
Rabu, 1 April 2015 - 15:55 WIB

KONFERENSI ASIA AFRIKA : Wow, 1.300 Wartawan akan Liput Peringatan KAA

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menkominfo Rudiantara (JIBI/Solopos/Antara)

Konferensi Asia Afrika (KAA) diperingati di Bandung dan Jakarta April ini.

Solopos.com, BANDUNG – Sekitar 1.300 wartawan dalam negeri dan luar negara telah mendaftarkan diri untuk meliput peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) pada April 2015 di Jakarta dan Bandung.

Advertisement

“Sudah dipastikan wartawan yang meliput, sampai saat ini yang sudah mendaftar ada sekitar 1.300 orang. Itu wartawan dalam dan luar negeri. Kapasitas di Jakarta sendiri kan 1.000 orang,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Bandung, Rabu (1/4/2015).

Ia mengatakan pada pertengahan bulan ini pihaknya akan melakukan pertemuan dengan sejumlah perwakilan media tentang pengaturan atau mekanisme peliputan Peringatan KAA tersebut.

“Jadi pertengahan April ini kita akan berbicara dengan media di Jakarta bagaimana pengaturannya. Dan soal ID Card tadi juga sudah dilihatkan kepada kami oleh panitia,” kata dia.

Advertisement

Menurut dia, sejumlah tempat di Kota Bandung akan dijadikan sebagai media center Peringatan KAA Ke-60 nanti seperti Gedung Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jl. Braga.

“Tapi nanti media center di Bandung akan kita pusatkan di Gedung New Majestic,” kata dia.

Rudiantara menjamin akses penggunaan layanan berbasis pita lebar atau broadband terbaik untuk media center.

Advertisement

“Kalau untuk broadband media center KAA nanti itu sangat besar ya, kita sediakan broadband untuk media center dari beberapa penyelenggara yang berpartisipasi seperti Telkom. Dari sisi infrastruktur seperti di area historical walk Jalan Asia Afrika Bandung itu sampai 100 Mbps kemudian di media center PGN dan Hotel Ibis masing-masing satu gigabyte,” kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menambahakan pihaknya akan berupaya memberikan pelayanan optimal bagi wartawan asing yang akan meliput jalannya Peringatan KAA Ke-60 di Kota Bandung.

“Sebelumnya saya sendiri telah mengadakan rapat dengan Menteri Pariwisata. Rencananya akan dibuatkan sebuah media centre di Gedung PGN yang di Jalan Braga Bandung sebagai kesiapan profesional kepada teman-teman wartawan dalam dan luar negeri,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif