News
Rabu, 1 April 2015 - 03:30 WIB

KAPOLRI BARU : DPR segera Bahas Pencalonan Badrodin dengan Tim Jokowi

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mantan Kapolri Jenderal Pol Sutarman (kiri) melakukan salam komando dengan Plt Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti (kanan) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/1/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Setpres-Rusman)

Kapolri baru masih menjadi persoalan yang harus diselesaikan pemerintah dalam waktu dekat.

Solopos.com, JAKARTA — Pimpinan DPR dengan tim advance bentukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera bertemu dalam rapat konsultasi membahas nasib calon kapolri.

Advertisement

Wakil Ketua DPR dari Fraksi PAN, Taufik Kurniawan, mengatakan pimpinan DPR yang akan didampingi pimpinan Komisi III DPR akan bertemu dengan tim advance yang terdiri dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menkumham Yasonna H Laoly, Mensesneg Pratikno, serta Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno, untuk membahas pencalonan Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai kapolri.

Sesuai jadwal, rapat konsultasi itu akan digelar Rabu (1/4/2015) di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan. “Namun sebelum membahas Badrodin [Haiti], kami ingin tim bentukan Jokowi itu menjelaskan pembatalan Komjen Pol Budi Gunawan yang lebih dulu dicalonkan dan sudah memperoleh persetujuan DPR melalui sidang paripurna,” katanya, Rabu (31/1/2015).

Meski demikian, Presiden Jokowi bisa tetap bisa melantik jika DPR memutuskan untuk tidak melanjutkan proses pencalonan Badrodin. “itu hak prerogatif presiden. Jadi kita akan hormati. Tapi kami akan pertimbangkan untuk uji kelayakan dan kepatutan Badrodin.”

Advertisement

Selain membahas calon kapolri, paparnya, rapat konsultasi itu juga akan membahas Perppu KPK dan TNI. “Kami yakin seluruh tim advance akan datang untuk memberikan penjelasan, baik tentang Budi Gunawan, Badrodin, maupun Perppu KPK,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif