Lifestyle
Rabu, 1 April 2015 - 19:50 WIB

HASIL PENELITIAN : Awas! Konsumsi Ayam Negeri Bikin Alat Vital Bocah Lelaki Tak Normal

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging ayam (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Hati-hati mengonsumsi ayam negeri atau leghorn. Hasil penelitian menunjukkan hormon yang terkandung dalam ayam negeri bisa mengganggu seksualitas anak.

Solopos.com, JAKARTA — Masyarakat diminta berhati-hati memilih ayam negeri atau leghorn. Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Agustin Kusumawati, mengatakan konsumsi ayam negeri untuk anak bisa mengganggu seksualitas anak.

Advertisement

Hormon di ayam negeri berpotensi mengandung hormon pertumbuhan yang mengganggu pertumbuhan seksual mereka.

“Hormon pertumbuhan yang diberikan peternak untuk ayam negeri itu dapat memicu pertumbuhan seksual pada anak,” kata dia, seusai acara Diskusi Keamanan Pangan di Kementerian Kesehatan, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu  (1/4/2015).

Menurutnya, gangguan pertumbuhan itu cukup merugikan bagi seorang anak terutama anak lelaki seperti penis yang kecil atau tidak normal di usianya.

Advertisement

“Misalkan saat sunat, dokter akan melihat apakah ukuran kemaluan anak lelaki itu sesuai dengan umurnya. Dan jika tidak biasanya dokter akan menyarankan orang tuanya agar mengurangi konsumsi ayam negeri bagi anak,” katanya.

Cepat Menstruasi

Kelainan pertumbuhan akibat mengonsumsi ayam ras untuk anak perempuan juga dapat terjadi ditandai dengan cepatnya anak masuk fase menstruasi.

Advertisement

Kendati kasus itu tidak terjadi hanya disebabkan karena mengonsumsi ayam ras tapi Kusumawati tetap meminta masyarakat tetap berhati-hati.

Menurut dia, hormon pertumbuhan dulunya sering dipakai peternak untuk menggemukkan ayam negeri. Tetapi belakangan sudah mulai dilarang meski masih ada praktek penggunaan hormon pertumbuhan.

“Pilih saja ayam kampung karena relatif lebih sehat bagi anak,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif