Lifestyle
Selasa, 31 Maret 2015 - 04:40 WIB

TIPS DIET SEHAT : Ini Kunci Sukses Jalankan Diet!

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sayuran dan buah-buahan (hqoboi.com)

Tips diet sehat penting dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Solopos.com, JAKARTA — Kini program diet sehat banyak ditawarkan.  Ada diet golongan darah, food combining, sampai diet OCD. Di antara semua diet yang ditawarkan itu kunci utama untuk menjalankan diet yakni konsisten.

Advertisement

Dalam penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, tim dari Kanada menyimpulkan bahwa konsisten pada satu jenis diet lebih memberikan hasil daripada mencoba-coba banyak jenis diet lainnya.

Sebagaimana dikutip dari Detik, ahli gizi yang terlibat dalam penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa pada dasarnya setiap jenis diet sama-sama mengurangi kalori pada tingkat yang serupa, sehingga hasilnya pun tak akan jauh berbeda.

Yang membedakan hanyalah komitmen dari masing-masing orang yang menjalaninya. Oleh sebab itu, hasilnya juga bisa berbeda-beda pada tiap orang.

Advertisement

Untuk membuktikan hal ini, para peneliti dari McMaster University, Ontario, melakukan pengkajian data pada sekitar 7.286 orang yang melakukan diet. Dari hasil pengkajian tersebut ditemukan bahwa mereka rata-rata turun berat badan sebanyak 7,3 kg dalam 12 bulan.

“Perbedaan antara masing-masing diet tidak terlalu banyak. Temuan kami juga menunjukkan bahwa pasien dapat memilih mana diet yang paling membuatnya nyaman, asalkan mereka mau patuh dan konsisten,” tulis laporan penelitian tersebut, seperti dikutip Detik dari BBC, Rabu (3/9/2014).

Prof Susan Jebb, dari University of Oxford, juga menambahkan bahwa setiap jenis diet rata-rata memiliki anjuran untuk mengurangi kalori sampai 1.500 per hari. Kebanyakan dari jenis diet juga memberikan pola waktu makan yang hampir sama dan menganjurkan seseorang untuk mengurangi asupan seperti biskuit, kue dan cokelat.

Advertisement

“Masalahnya sebenarnya adalah tentang kepatuhan dan komitmen pada pola makan itu sendiri. Seberapa lama Anda bisa tetap menaati pola makan tersebut dari waktu ke waktu itulah yang penting. Temukan satu jenis diet yang tepat bagi Anda, dan tetaplah konsisten menjalaninya,” pesan Prof Jebb.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif