Otomotif
Selasa, 31 Maret 2015 - 20:45 WIB

MOBIL TERBARU : Honda S660, Mobil Mini Sport Rp200 jutaan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Honda S660 (Carscoops.com)

Mobil terbaru Honda S660 resmi diluncurkan di Jepang. Meski mungil, performanya tak kalah dengan mobil sport reguler.

Solopos.com, TOKYO – Mobil terbaru Honda S660 resmi diluncurkan oleh Honda Motor Corporation (HMC) di Jepang. Mobil sport dengan ukuran mungil itu rencananya dibanderol sekitar 2,1 juta yen atau sekitar Rp227 jutaan.

Advertisement

Setelah sukses dengan Honda Beat Roadster yang diluncurkan sekitar 1991, raksasa otomotif Jepang itu kembali meluncurkan mobil terbaru berjiwa roadster tahun ini, Honda S660. Seperti halnya Beat Roadster, S660 juga hanya memuat dua dua orang (coupe).

Seperti dilansir laman Carscoops, Senin (30/3/2015), Honda S600 merupakan roadster dua kursi yang baru saja diluncurkan HMC di Tokyo, Jepang. Mobil sport murah itu mulai dijual pada Kamis (2/3/2015). Jumlahnya pun terbatas, Honda hanya memproduksi mobil itu sebanyak 660 unit.

Meski berukuran mungil, Honda menyebut S660 merupakan mobil sport asli yang mampu memacu adrenalin ketika dikendarai. Sama halnya dengan mobil besutan Ferrari maupun Porsche, Honda S660 juga menggunakan susunan mesin di tengah sasis (mid engine) dengan penggerak roda depan. Hasilnya, mobil itu memiliki beban laju yang lebih ringan serta pemanfaatan tekanan gravitasi yang maksimal.

Advertisement

Dengan atap kabriolet, desain Honda S600 sangat memaksimalkan aerodinamika namun tetap handal dalam hal cornering. Dengan mesin berkapasitas kecil, 700 cc turbocharged tiga silinder, mobil itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 64 hp. Honda menyebut tenaga itu sudah cukup untuk menjadikan S660 sebagai mobil sport di lini Japan Kei Car.

Selain dari teknologi turbocharged, performa mesin juga disempurnakan dengan sistem transmisi manual enam percepatan. Transmisi itu sekaligus membuat Honda S660 sebagai mini sport pertama di dunia yang memiliki enam percepatan. Sedangkan versi otomatisnya, Honda membekali mobil itu dengan tujuh percepatan.

Fitur yang disematkan pun tak kalah dari mobil sport reguler. Honda S660 telah dibekali Agile Handling Assist Electronic Control (AHAEC). Fitur itu berfungsi memudahkan pengemudi ketika berbelok meski mobil dalam kecepatan maksimal.

Advertisement

Uniknya, meski mesinnya terbilang kecil, mobil terbaru Honda S660 memiliki perangkat khusus yang membuat suara raungan mesin 700 cc terdengar buas sekelas mobil sport papan atas. Di Jepang,mobil itu bersaing ketat dengan Daihatsu Copen dan Suzuki Cappucino.

Honda S660 tampak belakang (Carscoops.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif