Sport
Selasa, 31 Maret 2015 - 07:25 WIB

MASA DEPAN PELATIH : Ingin Tukangi Madrid, Tapi Zidane Punya Ambisi Utama

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelatih Real Madrid Castilla Zinedine Zidane pada puncaknya akan melatih timnas Prancis. Ist/caughto

Masa depan pelatih Real Madrid Castilla Zinedine Zidane masih panjang. Dia ingin melatih Madrid, tapi juga punya ambisi utama.

Solopos.com, MADRID — Sosok Zinedine Zidane sejak lama dikenal sebagai legenda klub Seri-A, Juventus, dan tim raksasa Spanyol, Real Madrid. Pria 42 tahun itu pun kini mengabdikan diri untuk tim terakhir, sebagai pelatih Real Madrid Castilla.

Advertisement

Namun rupanya, ada satu tim lain yang selama ini benar-benar membuat hatinya terpikat, Timnas Prancis. Hal itu jika merujuk pengakuan Zizou, julukan Zidane, ketika ditawarkan tim yang ia ingin tukangi suatu hari nanti.

Meski menyimpan hasrat menjadi pelatih di klub yang membesarkan namanya, Real Madrid, eks bintang keturunan Aljazair ini menempatkan Les Bleus – julukan Timnas Prancis, di urutan tertinggi daftar prioritasnya.

“Saya akan mengatakannya dengan amat jelas, suatu hari nanti saya ingin melatih Prancis. Saya menyimpan tujuan dan ambisi menjadi pelatih tim nasional Les Bleus. Namun sampai saat itu datang, saya memiliki waktu untuk mempersiapkan diri,” ujar Zidane dilansir espnfc.com, Senin (30/3/2015).

Advertisement

Ambisi Zizou dengan Prancis memang bukan hal aneh. Zidane tidak lain dan tidak bukan adalah pahlawan Les Bleus di ajang Piala Dunia 1998 dan Euro 2000 di mana mereka tampil sebagai jawara. Di final Piala Dunia 1998, Prancis menang 3-0 atas Brasil dan Zidane mencetak dua dari tiga gol kemenangan timnya.

Dua tahun berselang, Zizou tampil di final Euro 2000 dan turut mengantar Prancis ke tangga juara meski tidak menyumbangkan gol untuk timnya. Saat itu, Les Bleus mengempaskan Italia 2-1 di Stadion Feyenoord, Rotterdam, Belanda, melalui babak perpanjangan waktu.  Gol-gol Prancis disumbangkan Sylvain Wiltord (menit ke-90) dan David Trezeguet (menit ke-103).

Kenangan manis itu membuat Zizou ingin mengulang kejayaan Prancis, namun sebagai pelatih. Meski begitu, eks asisten Carlo Ancelotti itu rupanya juga tak akan menampik kemungkinan menjadi pelatih Real Madrid selanjutnya. “Tentu saja [saya ingin melatih Real Madrid]. Namun kami memiliki pelatih hebat saat ini dan saya belajar banyak dari Carlo [Ancelottti],” kata Zidane.

Advertisement

Sejak Juli 2012 lalu, Prancis ditukangi Didier Deschamps yang tak lain adalah rekan satu tim Zidane di Piala Dunia 1998 dan Euro 2000. Les Bleus bangkit dari hasil negatif melawan Brasil di laga uji coba, Jumat (27/3), dengan mengalahkan Denmark 2-0 di laga uji coba lain di Stade Geoffroy Guichard, Saint Etienne, Senin (30/3) dini hari WIB. (Triyono/JIBI/SOLOPOS)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif