Sport
Selasa, 31 Maret 2015 - 06:25 WIB

LAGA PERSAHABATAN ITALIA VS INGGRIS : Kembalinya sang allenatore Conte di Turin

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelatih Italia Antonio Conte dalam sebuah pertandingan bersama timnas Italia. Ist/dok

Laga persahabatan Italia vs Inggris akan menjadi ajang kembalinya Conte di marklas Juventus.

Solopos.com, TURIN— Antonio Conte akan menginjakkan kaki untuk kali pertamanya di Juventus Stadium sejak menanggalkan jabatan sebagai allenatore Juventus pada musim panas lalu, ketika Italia bertemu Inggris pada duel persahabatan, Rabu (1/4/2015) dini hari WIB.

Advertisement

Selama berada di Turin, pria berusia 45 tahun tersebut mempersembahkan hat-trick Scudetto buat Bianconeri, julukan Juventus. Tapi musim panas lalu, Conte memutuskan mundur dari kursi pelatih Juve kemudian sepakat menukangi Gli Azzurri, julukan Timnas Italia, beberapa saat setelah Piala Dunia 2014.

Namun, ada yang tiba-tiba mengganggu hubungan Conte dengan fans Bianconeri. Sejumlah fans Juve disebut-sebut tidak terima dengan program Conte yang dinilai terlalu keras hingga menyebabkan gelandang Bianconeri dan Italia, Claudio Marchisio, menderita cedera lutut yang cukup serius, menjelang duel melawan Bulgaria pada Kualifikasi Euro 2016, Sabtu (28/3/2015). Bahkan, Conte dikabarkan mendapat ancaman pembunuhan karena persoalan itu.

Dalam pemeriksaan awal, Marchisio disebut-sebut bakal absen sekitar enam hingga delapan bulan, atau harus mengakhiri musim ini lebih cepat. Namun, menurut keterangan La Gazzetta dello Sport, Marchisio telah mengalami pemulihan kilat, dan bisa kembali berlatih secara penuh bahkan kemungkinan dapat membela Juventus melawan Empoli di Seri-A, Akhir pekan ini.

Advertisement

“Saya pikir kontroversi seputar Marchisio terlalu dibuat-buat, karena program latihan Conte jelas-jelas dalam taraf kewajaran. Saya harap muncul atmosfer santai. Kami harus ingat masa lalu dan saya yakin pelatih [Conte] akan dapat sambutan terbaik,” urai pemain Italia dan Juventus, Andrea Barzagli, seperti dilansir Football Italia, Senin (30/3/2015).

Alih-alih menanggapi kontroversi itu, Italia lebih baik fokus memperbaiki performa mereka di lapangan. Hasil imbang 2-2 di Bulgaria jelas bukan torehan menganggumkan bagi Azzurri. “Kami kebobolan dua gol setelah dua serangan balik [ketika melawan Bulgaria], dan itu sesuatu yang harus kami benahi,” terang Conte, seperti dilansir Yahoosports.

Defender AC Milan, Iganzio Abate dan bek Inter Milan, Davide Santon, dipanggil ke skuat Italia setelah absen di Bulgaria. Conte bisa memanfaatkan keduanya sebagai wingback dengan formasi 3-5-2. Kiper Gianluigi Buffon kemungkinan besar bisa kembali ke tim setelah pulih dari flu.

Advertisement

Duet striker Simone Zaza dan Ciro Immobile gagal menemui sasaran di Bulgaria. Bukan hal mustahil apabila Conte akan mencadangan salah daru dari mereka dan menggantikannya dengan Eder. Pemain naturalisasi (Oriundi) tersebut mencetak gol penting pada laga debutnya bersama Azzurri di Bulgaria.

Bagi Inggris, pertandingan di Turin sebagai ajang balas dendam setelah menelan kekalahan 1-2 di fase grup Piala Dunia 2014 silam. Sayang, The Three Lions, julukan Timnas Inggris, ditinggalkan sejumlah pilar karena cedera, seperti Danny Welbeck, Daniel Sturridge, Raheem Sterling, James Milner, hingga Leighton Baines.

Tapi Pelatih Inggris, Roy Hodgson, justru bisa memanfaatkan hal itu sebagai panggung eksperimen dalam menentukan starting XI, termasuk menjajal striker yang sedang naik daun, Harry Kane, sebagai starter. Kane langsung mencuri perhatian setelah menyumbang sebiji gol dalam laga debutnya bersama Inggris ketika diturunkan dari bangku cadangan ketika The Thee Lions menundukkan Lithuania 4-0 di Kualifikasi Euro 2016, akhir pekan lalu.

“Ada sekelompok pemain yang sangat yakin dengan serius mereka harus bekerja sama sebagai sebuah tim dan mereka akan tunjukkan itu di Italia,” jelas Hodgson, dilansir sportmole.co.uk. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif