Jogja
Selasa, 31 Maret 2015 - 05:19 WIB

Awak Angkutan di Kulonprogo Mogok, Apa Solusi Dishubkominfo?

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Puluhan angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Jogja-Samigaluh-Wates mogok di tepi Jalan Jogja-Wates Km 22 Desa Demangrejo, Kecamatan Sentolo, Senin (30/3/2015). (Switzy Sabandar/JIBI/Harian Jogja)

Awak angkutan di Kulonprogo mogok terkait kenaikan harga BBM.

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kulonprogo Nugroho mengaku siap menampung dan menerima keluhan awak angkutan.

Advertisement

Puluhan sopir angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Jogja-Samigaluh-Wates melakukan aksi mogok karena kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Senin (30/3/2015).

“Akan kami sampaikan ke Dinas Perhubungan DIY yang berhak menentukan tarif AKDP, sebab Kabupaten hanya menangani tarif angkutan pedesaan,” jelas Nugroho, Senin (30/3/2015).

Ia meminta aksi ini tidak terulang kembali karena merugikan banyak pihak.

Advertisement

Pemilik PO Bledug Gandum Suwarto menerangkan kenaikan harga BBM selalu diikuti dengan kenaikan harga suku cadang.

Namun penurunan harga suku cadang tidak berlaku saat harga BBM turun. “Supaya kami tidak rugi ya seharusnya harga BBM stabil,” kata Suwarto.

Salah satu penumpang Susanti, 42, merasa kecewa dengan aksi mogok sopir angkutan. Sebab ia tidak bisa pergi ke pasar untuk berdagang. “Saya biasa ke Pasar Gamping, tetapi kalau tidak ada angkutan yang susah,” tuturnya.

Advertisement

Secara pribadi, ia tidak masalah dengan kenaikan tarif angkutan ketimbang tidak bisa pergi ke pasar untuk berdagang. “Lebih baik naik sedikit daripada tidak ada penghasilan seperti hari ini,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif