Otomotif
Senin, 30 Maret 2015 - 19:45 WIB

MOBIL BMW : April 2015, BMW X5 Diproduksi di Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - BMW X5 (bmw.co.id)

Mobil BMW X5 akan diproduksi secara lokal. Namun belum diketahui apakah harga jualnya akan lebih murah.

Solopos.com, JAKARTA – PT BMW Indonesia memastikan mobil BMW X5 akan diproduksi secara lokal. Produksi mobil kelas Sport Utility Vehicle (SUV) itu rencananya dimulai awal April 2015 mendatang.

Advertisement

“Pada 1 April [2015], kami akan mengeluarkan satu line rakitan terbaru, mobil BMW SUV X5, yang akan menjadi model ke-19 yang kami sediakan di Indonesia,” ujar Head of Corporate Communication BMW Indonesia Jodie O’Tania seperti dilansir laman Antara, Senin (30/3/2015).

Dengan ikut hadirnya model X5, maka target produksi mobil BMW tahun ini pun meningkat hingga 2.500 unit per tahun dari sebelumnya hanya 2.045 unit per tahun.

Jodie menambahkan, keputusan BMW Indonesia berhenti mengimpor X5 dari Jerman dan memproduksinya secara lokal tak lain karena penjualannya di Tanah Air yang terus meningkat. Hal itu tak mengherankan mengingat anggota keluarga X Series itu merupakan salah satu varian BMW terlaris di seluruh dunia.

Advertisement

“Lima kendaraan paling digemari milik kami yaitu Seri 3, 5, X1, X3, dan X5. Produksi SUV X5 nantinya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik,” ujar Jodie.

Nantinya, BMW X5 akan dirakit di pabrik yang sama dengan 18 varian lokal lainnya, yakni di pabrik milik PT Gaya Motor di Sunter, Jakarta utara. Kualitas built up-nya tak perlu diragukan karena pabrik itu telah dipercaya memproduksi mobil BMW sejak 2011.

Kendati demikian, Jodie belum dapat memastikan apakah harga BMW X5 akan lebih murah dari tahun lalu saat masih didatangkan langsung dari Jerman.

Advertisement

Mobil BMW X5 Hybrid
Dikutip Solopos.com dari laman Inautonews.com, Sabtu (28/3/2015), selain memasrahkan produksi X5 di Indonesia, prinsipal BMW di Jerman, BMW AG, mengumumkan akan meluncukan model X5 Hybrid untuk kali pertama di Shanghai Motor Show April 2015 mendatang.

Seperti diketahui, mobil BMW X5 Hybrid dibekali mesin bensin 2.000 cc empat silinder dengan turbocharger. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 385 hp dan torsi 350 Nm. Sedangkan motor listriknya bertenaga 113 hp dengan torsi 250 Nm. Jika baterainya habis, cukup mencolokkan kabel yang tersedia ke konektor listrik di rumah.

Jika melihat penjualan mobil BMW X5 di Tanah Air yang mengesankan, bukan tidak mungkin varian hybrid itu juga masuk ke Indonesia. Terlebih, Jodie juga mengungkapkan selain memasok mobil dari pabrik di Sunter, BMW Indonesia juga akan mengimpor 100 unit mobil secara utuh (CBU) dari Jerman sepanjang 2015.

 

Advertisement
Kata Kunci : BMW X5 Mobil BMW X5 Hybrid
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif