Jateng
Senin, 30 Maret 2015 - 21:50 WIB

KENAIKAN HARGA BBM : Ketua DPD RI Minta Pemerintah Jangan Seperti Main Yoyo

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Demo mahasiswa menolak kenaikan harga BBM di Mataram, Senin (30/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Ahmad Subaidi)

Demo mahasiswa menolak kenaikan harga BBM di Mataram, Senin (30/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Ahmad Subaidi)

Kenaikan harga BBM direspons DPD RI. Ketia DPD Irman Gusman meminta Pemerintah tidak seperti main yoyo soal harga BBM

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman menyatakan pemerintah jangan menaik-turunkan harga bahan bakar minyak (BBM) seperti mainan yoyo.

“Harga BBM tidak boleh kayak yoyo gitu, turun-naik. Harus ada batas waktu, apakah per enam bulan, per satu tahun. Namun, harganya tidak boleh mengikuti pasar,” katanya di Semarang seperti dikutip Antara, Senin (30/3/2015).

Advertisement

Hal tersebut diungkapkan senator asal Sumatera Barat itu usai menyampaikan orasi ilmiah pada peringatan Dies Natalis Ke-50 Universitas Negeri Semarang (Unnes) di Auditorium kampus tersebut.

Pada kesempatan itu, Irman menyampaikan orasi ilmiah yang mengangkat tema Pembangunan Sumber Daya Insani Yang Unggul dan Berkarakter Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Menurut pria kelahiran Padang Panjang, Sumatera Barat, 11 Februari 1962 itu, penentuan harga BBM yang mengikuti mekanisme pasar bertentangan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Advertisement

“Kalau begini masyarakat jadi kesulitan. Masalahnya, pada psikologi harga. Kecenderungannya kalau BBM naik Rp500/liter, tarif bus naik, oplet naik, (harga, red.) ini naik,” tukasnya.

Ia mengatakan pihaknya tidak melarang pemerintah menaikkan atau menurunkan harga BBM, tetapi harus ada mekanisme yang diterapkan untuk menjaga harga-harga kebutuhan masyarakat.

“Pada harga berapa (BBM, red.), pemerintah yang lebih tahu. Yang jelas, harga BBM tidak boleh mengikuti harga pasar, harga dunia. ‘Masa’ harga minyak dunia naik, langsung naik,” pungkas Irman.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif