News
Senin, 30 Maret 2015 - 14:55 WIB

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Jokowi Instruksikan Menteri Pantau Harga Beras & Gula

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Harga kebutuhan pokok biasanya naik menjelang Idulfitri. Presiden Jokowi minta menteri mengawasi harga gula dan beras.

Solopos.com, JAKARTA  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh menterinya mengawasi pergerakan harga kebutuhan pokok menjelang Idulfitri.

Advertisement

Saat membuka Rapat Kabinet Paripurna, Presiden Jokowi mengatakan seluruh menterinya memantau harga beras dan gula dari hari ke hari.

Pasalnya, harga kebutuhan pokok cenderung mengalami penaikan harga menjelang Ramadan dan Idulfitri.

“Meskipun harga beras sudah berada pada posisi normal kembali, tetapi saya ingin agar situasi harga itu dipantau dari hari ke hari. Tidak hanya beras, tetapi juga harga gula karena sudah mendekati Lebaran,” katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/3/2015).

Advertisement

Jokowi menuturkan Rapat Kabinet Paripurna hari ini juga akan membahas perkembangan isu terkini terkait politik, hukum dan keamanan, serta tindak lanjut kerja sama dari kunjungan kenegaraan dirinya ke Jepang dan Tiongkok.

Sebelumnya, harga beras sempat naik di pasaran karena ada persoalan dalam pasokan. Musim paceklik yang melanda sejumlah daerah membuat pasokan beras ke masyarakat terhambat dan tidak sesuai dengan kebutuhan.

Pemerintah pun akhirnya mengambil langkah cepat dengan menggelontorkan cadangan beras Badan Urusan Logistik sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Harapannya, pasokan beras di pasar kembali normal, dan mampu membuat harga stabil.

Advertisement

Tidak hanya sampai di situ, Presiden Jokowi juga sempat mengungkapkan kekesalannya kepada para menterinya, karena tidak mendapat laporan terkini terkait perkembangan harga beras.

Dalam rapat kabinet yang digelar di Istana Bogor beberapa waktu lalu, Jokowi menggunakan data yang diperolehnya langsung dari hasil kajian timnya di lapangan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif