News
Minggu, 29 Maret 2015 - 14:45 WIB

SOLOPOS HARI INI : Pembangunan Pasar Darurat hingga Harapan Garuda Muda di Piala Asia 2016

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Halaman depan Harian Umum Solopos edisi Minggu, 29 Maret 2015

Solopos hari ini mengabarkan tentang pembangunan pasar darurat hingga Timnas Garuda Muda yang tak ingin kehilangan kesempatan di Piala Asia 2006.

Solopos.com, SOLO — Kabar tentang wacana pembangunan pasar darurat untuk para pedagang korban kebakaran Pasar Klewer menjadi berita utama di Harian Umum Solopos hari ini, Minggu (29/3/2015).

Advertisement

Waktu pembangunan pasar darurat tersebut dipastikan Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, akan dilaksanakan pada 6 April mendatang.

Menurut Rudy, para pedagangn korban kebakaran Pasar Klewer akan diundang secara menyeluruh.

Advertisement

Menurut Rudy, para pedagangn korban kebakaran Pasar Klewer akan diundang secara menyeluruh.

Selanjutnya, ada kabar berita dari Tim Nasional (Timnas) Garuda Muda yang melakukan sejumlah langkah untuk menghadapi Piala Asia 2016. Pasalnya, Garuda Muda tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menang di laga tersebut.

Berikut daftar berita yang menjadi headline di Harian Umum Solopos edisi Minggu, 29 Maret 2015.

Advertisement

Kepastian pembangunan pasar darurat disampaikan Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Sabtu (28/3/2015). Rudy, sapaan akrabnya, berencana mengundang semua pedagang di Pasar Klewer, termasuk pedagang kios renteng dan pelataran ke Balai Kota, Selasa (31/3/2015) pukul 15.30 WIB. Wali Kota ingin menjelaskan kronologi pembangunan pasar darurat.

“Semuanya diundang. Saya mau menjelaskan kenapa proses pembangunan pasar darurat sampai 6 April besok baru peletakan batu pertama. Informasi yang diterima pedagang itu biar tidak sasar susur, tidak dimanfaatkan orang-orang yang tidak berkepentingan di sana tetapi untuk kepentingan pribadi dan kelompok mereka,” kata Rudy.

[Baca juga: Atasi Revitalisasi Klewer, Presiden Jokowi Diminta Turun TanganPasar Darurat di Alut Dibangun 6 April!]

Advertisement

EARTH HOUR: Gelap Gulita demi Kelestarian Bumi
Tanggal 28 Maret menjadi momentum upaya menjaga Bumi lewat kegiatan mematikan semua lampu di malam hari selama 60 menit atau populer dengan sebutan Earth Hour.

Semalam Earth Hour juga diperingati di Solo seperti dilaporkan wartawan Solopos, Kurniawan. Peringatan Earth Hour 2015 di Solo dipusatkan di Pendapi Gede Balaikota Solo, pukul 20.00 WIB hingga 21.30 WIB. Kegiatan tersebut dihadiri Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo. Rudy, sapaan akrabnya, memimpin pemadaman listrik.

Selama aliran listrik diputus, peserta peringatan menyalakan lilin apung di gelas-gelas mini. Lilin-lilin tersebut lantas disusun membentuk angka 60+ yang merupakan simbol Earth Hour. Kegiatan tersebut diisi juga pentas tari dan peragaan busana batik dari komunitas Red Batik Solo. Sebanyak 10 personel Red Batik Solo menyuguhkan hasil eksplorasi warna batik. Mereka menggunakan payung hias sebagai properti pendukung pentas.

Advertisement

[Baca juga: Cuma di Solo, Peragaan Busana Batik saat Lampu MatiMenara Eiffel & Golden Gate akan Ikut Padamkan LampuHotel di Soloraya Padamkan Listrik dan Sajikan Menu Organik]

KENAIKAN HARGA BBM: Mahasiswa di Sejumlah Kota Gelar Aksi
Ratusan aktivis mahasiswa menggelar demo menolak kenaikan harga BBM. Aksi ini digelar oleh Aliansi Rakyat Menggugat di pertigaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sabtu(28/3/2015).  Para mahasiswa ini terdiri atas berbagai elemen di antaranya PMII, SMI, FAM-J, Sekber, Cakrawala, dan Social Movement Institute. Aksi diawali dari arah selatan kemudian berjalan menuju pertigaan yang mereka namakan Pertigaan Revolusi. Mereka langsung membuat lingkaran besar sehingga memacetkan lalu lintas.

Petugas kepolisan sempat menutup arus lalu lintas dari arah barat dan mengalihkan ke jalan lain. Ban bekas yang telah dipersiapkan, kemudian dibakar di tengah jalan. Orasi terus berlanjut, membuat suasana makin ramai. Seorang personel polisi yang mendatangi aksi di tengah lingkaran disambut seruan “Hati-hati provokator!”

[Baca juga: Harga BBM akan Naik, Mahasiswa Jogja Demo Hingga Dini HariHarga Premium & Solar Naik, Ini Kata JK‘Aliansi Rakyat Menggugat’ Tolak Kenaikan BBMDitanya Kenaikan BBM, Begini Jawaban Jokowi]

PIALA ASIA 2016: Garuda Muda Pantang Buang Peluang
Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 tidak ingin membuang peluang meraup poin penuh saat meladeni Brunei Darussalam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia 2016 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (29/3/2015). Garuda Muda, julukan Timnas U 23 menorehkan start impresif dengan menghajar Timor Leste 5-0 di laga pertama Grup H, Jumat (27/3/2015). Akan tetapi, Indonesia masih harus bersaing ketat dengan Korea Selatan (Korsel) untuk memperebutkan puncak klasemen Grup H.

Kedua tim itu samasama mengemas tiga poin dengan perolehan lima gol. Namun, Indonesia tertahan di peringkat kedua karena terdapat dua pemain yang diganjar kartu merah. Tim polesan Aji Santoso itu bisa menduduki puncak klasemen jika berhasil mengemas kemenangan lebih besar daripada Korsel yang berhadapan dengan Timor Leste, Minggu sore.

[Baca juga: Garuda Muda Pantang Buang Peluang]

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif