Sport
Minggu, 29 Maret 2015 - 00:25 WIB

F1 GP MALAYSIA 2015 : Dominasi Hamilton Berlanjut, Raih Pole di Sepang

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

F1 GP Malaysia 2015 kembali didominasi pembalap Mercedes Lewis Hamilton.
 
Solopos.com, SEPANG — Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, melanjutkan dominasinya musim ini dengan merebut pole position di Grand Prix (GP) Malaysia.

Juara dunia Formula One (F1) itu mencatatkan pole position ke-40 dalam kariernya setelah melahap lintasan basah Sirkuit Sepang, Malaysia, pada babak kualifikasi, Sabtu (28/3) sore. Dia unggul 0,074 detik dari pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang mengekor di posisi kedua dengan catatan waktu satu menit lebih 49,908 detik.

Advertisement

Hujan lebat sempat mengganggu jalannya kualifikasi GP Malaysia saat memasuki Q3. Namun, keunggulan Hamilton pada lap pertama Q3 cukup untuk mengamankan posisi terdepan dan meninggalkan rekan satu timnya, Nico Rosberg, di urutan ketiga.

Duo pembalap Mercedes itu sebenarnya sempat bersaing ketat pada akhir sesi kualifikasi. Hamilton pun tak berhasil meningkatkan kecepatan di lap akhir, sedangkan Rosberg melaju dengan cukup baik. Akan tetapi, pole position tetap menjadi milik Hamilton setelah Rosberg diganjal Vettel di akhir kualifikasi.

Hamilton mengklaim tidak terlalu mengingat kesulitan mengalahkan Rosberg di Q3. “Saya rasa lap pertama sangat bagus. Balapan di kondisi seperti ini selalu sulit karena tidak ada satu pun dari kami yang pernah membalap di lintasan basah pekan ini, jadi lap pertama selalu tidak bisa ditebak,” ujar pembalap berpaspor Inggris itu, seperti dilansir Crash, Sabtu.

Advertisement

Meski menduduki posisi pertama dalam start balapan Minggu (29/3) sore nanti, Hamilton merasa laju timnya belum tentu mulus. Dia berharap timnya telah menyiapkan ban yang lebih tangguh serta strategi brilian untuk menghadapi balapan kali ini.

“Musim lalu, kami berada di posisi tiga teratas dan mengalami kesulitan pada ban di sini, khususnya dengan temperatur seperti ini. Ditambah balapan yang diselenggarakan lebih awal, cuaca pasti lebih hangat. Jadi, lintasan akan sangat kering dan menjadi tantangan sesungguhnya untuk setiap pembalap, termasuk mobil tapi juga dengan ban dan strategi,” urai dia.

Kendati mencemaskan tantangan di Sirkuit Malaysia, Hamilton mengklaim tak ingin terlalu memikirkan rintangan yang bisa menggagalkan jalannya menuju podium utama. “Saya tidak mau memikirkan hal itu. Saya hanya ingin memikirkan bagaimana cara untuk menang besok dan seluruh langkah [untuk menang],” kata dia. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Advertisement

Hasil Kualifikasi F1 GP Malaysia, Sabtu (28/3):
No       Pembalap         Tim      Waktu/Gap
1          Lewis Hamilton Mercedes         1 menit 49,834 detik
2          Sebastian Vettel            Ferrari              0,074 detik
3          Nico Rosberg   Mercedes         0,465 detik
4          Daniel Ricciardo           Red Bull/Renault           1,707 detik
5          Daniil Kvyat     Red Bull/Renault           2,116 detik
6          Max Verstappen           Toro Rosso/Renault      2,146 detik
7          Felipe Massa    Williams/Mercedes       2,639 detik
8          Romain Grosjean          Lotus/Mercedes           3,146 detik
9          Valtteri Bottas  Williams/Mercedes       3,345 detik
10        Marcus Ericsson           Sauber/Ferrari  3,426 detik
 
Sumber: Autosport (ria)

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton kembali mendominasi babak kualifikasi F1 GP Malaysia. Ist/dok

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif