Soloraya
Sabtu, 28 Maret 2015 - 10:55 WIB

WISATA KLATEN : Pesanggrahan PB X di Deles Indah Diperbaiki

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Beberapa pengunjung bergegas pergi dari objek wisata alam Deles Indah saat mengetahui kondisi yang tidak terawat, Selasa (4/6/2013). Mereka kecewa lantaran kondisi Deles Indah yang tidak lagi terawat dan banyak sampah. (Shoqib Angriawan/JIBI/SOLOPOS)

Wisata Klaten yakni kawasan Deles Indah diperbaiki khususnya pesanggrahan PB X. 

Solopos.com, KLATEN – Bangunan pesanggrahan Paku Buwono (PB) X yang berada di kawasan Objek Wisata Deles Indah, Desa Sidorejo, Kemalang, Klaten, diperbaiki. 

Advertisement

Kepala Desa Sidorejo, Jemakir, mengatakan perbaikan sudah dilakukan sekitar dua pekan lalu. Perbaikan dilakukan oleh pihak Keraton Solo dibantu warga setempat.

“Perbaikan tidak seluruh bangunan. Hanya pada bagian tertentu saja seperti teras dan atap. Rencananya, dua bulan lagi juga akan ada perbaikan,” jelas dia di Klaten, Jumat (27/3/2015).

Jemakir mengatakan perbaikan dilakukan setelah sejumlah perwakilan warga mendatangi keraton dan meminta agar ada perbaikan pada bangunan tersebut.

Advertisement

“Awalnya memang inisiatif dari pemkab. Kemudian kami mencoba ke sana [Keraton Solo] dan ternyata ditanggapi bagus,” ungkap dia.

Jemakir berharap kedepan ada perhatian dari pemkab guna menata kembali kawasan Objek Wisata Deles Indah. Dengan bergeliatnya kembali objek wisata di kawasan itu diharapkan mampu meningkatkan ekonomi warga sekitar.

“Di sana ada aset yang luar biasa yang perlu ada sentuhan untuk diperbaiki. Dengan kembalinya wisata di sana, diharapkan warga yang selama ini bekerja di pertambangan pasir tidak lagi ke sana dan bekerja di lokasi yang lebih aman,” ujar dia.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Joko Wiyono, menjelaskan Objek Wisata Deles Indah dan beberapa daerah di Kemalang menjadi lokasi wisata agrowisata. Dia berencana mengusulkan anggaran melalui APBD Perubahan guna mengembangkan kawasan itu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif