Sport
Sabtu, 28 Maret 2015 - 07:25 WIB

GRUP H KUALIFIKASI EURO 2016 : Duel Pembuktian Italia saat Bertandang ke Bulgaria

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Grup H Kualifikasi Euro 2016 yang mempertemukan Bulgaria vs Italia diperkirakan bakal berlangsung seru.

Solopos.com, SOFIA— Italia sejauh ini tak terkalahkan pada putaran Grup H Kualifikasi Euro 2016. Namun tim berjuluk Gli Azzurri tersebut tak mau berpangku tangan ketika bertandang ke Bulgaria, Minggu (29/3/2015) pukul 02.45 WIB.

Advertisement

Meski belum pernah menelan kekalahan di empat laga sebelumnya, tim polesan Antonio Conte tersebut belum benar-benar menunjukkan taring. Salah satunya ketika mereka hanya bermain imbang 1-1 kontra Kroasia akhir November lalu.

Kendati meraup poin yang sama, Italia hanya bertengger di peringkat kedua di bawah Krosia yang akan menjamu Norwegia, Minggu dini hari WIB. Gianluigi Buffon dkk. kalah dalam selisih gol. Inilah laga pembuktian Buffon dkk.

Advertisement

Kendati meraup poin yang sama, Italia hanya bertengger di peringkat kedua di bawah Krosia yang akan menjamu Norwegia, Minggu dini hari WIB. Gianluigi Buffon dkk. kalah dalam selisih gol. Inilah laga pembuktian Buffon dkk.

Buffon pun memprediksi pertandingan di Stadion Vasil Levski, Sofia, akhir pekan ini, tidak akan dilalui dengan mudah oleh timnya. “Anda akan menghadapi tim sulit yang siap mengerahkan kemampuan 120 persen karena mereka bermain melawan Italia, itu menjadi alasan bagi mereka membuktikan diri untuk tampil sebaik mungkin,” jelas kapten Azzurri tersebut, seperti dilansir Football Italia, Jumat (27/3/2015).

Conte tidak akan bisa menurunkan skuat terbaiknya. Playmaker jempolan Azzurri, Andrea Pirlo, absen karena cedera betis. Namun, gelandang sentral Paris Saint-Germain (PSG), Marco Verratti, mengaku siap apabila diberi mandat menggantikan peran Pirlo.

Advertisement

Conte sepertinya masih setia dengan formasi andalannya 3-5-2 seperti yang pernah dia terapkan saat mengantar Juventus mencetak hat-trick Scudetto. Trio bek Juventus bakal menjadi tembok pertahanan Azzurri, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini. Bonucci bisa memperkuat kembali Italia setelah bebas dari sanksi. Sementara Barzagli kembali ke skuat Azzurri untuk kali pertama sejak Piala Dunia 2014.

“Saya yakin [Italia punya pertahanan terbaik di Eropa. Saya tidak ingin berlebihan, namun Buffon, Chiellini, Barzagli, dan saya adalah yang terbaik ketika Anda membicarakan kompetisi internasional. Angka tidak pernah bohong,” jelas Bonucci, dilansir Eurosport.

Sementara itu, ini akan menjadi duel kompetitif pertama bagi Ivaylo Petev sebagai pelatih The Lions, julukan Bulgaria. Mantan pelatih Ludogorets tersebut mendapat tugas berat mengangkat moril Bulgaria setelah pendahulunya, Lubaslav Penev, dipecat karena timnya hanya menang sekali dalam empat laga di putaran Grup H.

Advertisement

Pelatih berusia 39 tahun tersebut membuat dua pergantian secara mendadak di menit-menit akhir, dengan memasukkan defender Levski Sofia, Borislav Stoyche dan penyerang Slavia Sofia, Radoslav Vasilev, menggantikan dua saudara kembar Iliya dan Georgi Milanov. “Kami harus mengerahkan kemampuan terbaik. Kami mesti tenang dan mengeliminasi kesalahan sekecil mungkin. Italia tim yang sangat kuat dan kami perlu mendapat dukungan penuh dari suporter,” urai Petev. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)
 
Bulgaria Vs Italia
• Live Global TV, Minggu (29/3) Pukul 02.45 WIB
• Stadion: Vasil Levski (Sofia, Bulgaria)
Wasit: Damir Skomina (Slovenia)
 
• Bulgaria (4-2-3-1) Pelatih: Ivaylo Petev (Bulgaria)
• Pemain: Stoyanov, Terziev, Minev, Bodurov, Manolev, Slavchev, Gadzhev
Bojinov, Dyakov, Aleksandrov, Popov
• Cadangan: Iliev, Milanov, Galabinov,  Mitsanski, Marquinhos, Tonev, Mitrev, Mihaylov, Hristov, Tunchev, Chochev
 
• Italia (3-5-2) Pelatih: Antonio Conte (Italia)
• Pemain: Buffon, Barzagli, Bonucci, Chiellini, Darmian, Candreva, De Rossi, Marchisio, Pasqual, Zaza, Immobile
• Cadangan: Sirigu, Moretti, Ranocchia, Antonelli, Bertolacci, Cerci, Florenzi, Verratti, Eder, Gabbiadini, Pelle, Vazquez
 
Tiga Pertemuan Terakhir
07/09/2013         Kualifikasi Piala Dunia 2014           Italia      1 – 0       Bulgaria               
08/09/2012         Kualifikasi Piala Dunia 2014           Bulgaria                2 – 2       Italia
10/09/2009         Kualifikasi Piala Dunia 2010           Italia      2 – 0        Bulgaria
 
Sumber: Whoscored/Soccerway. (hkt/JIBI)

Kiper Itali Buffon dan team merayakan kemenangan dalam sebuah pertandingan. Ist/abc.net.au

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif