Soloraya
Jumat, 27 Maret 2015 - 17:15 WIB

EARTH HOUR 2015 : Pemadaman PJU Diklaim Hemat Listrik 720 KW

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Earth Hour Solo 2013 (JIBI/Solopos/Dok)

Earth Hour 2015 dirayakan Sabtu malam besok. Pemadaman PJU di Solo diklaim akan menghemat listrik 720 KW.

Solopos.com, SOLO – Pemadaman lampu penerangan jalan umum (PJU) selama satu jam dalam rangka kampanye Earth Hour, Sabtu (28/3/2015) malam, pukul 20.30 WIB-21.30 WIB, diklaim bakal menghemat listrik sebesar 720 kilowatt (KW).

Advertisement

Panitia peringatan Earth Hour di Solo, Budi Prayitno, kepada wartawan saat jumpa pers di ruang rapat Bagian Humas dan Protokol Setda Solo, Jumat (27/3/2015), mengatakan penghematan energi listrik PJU setara dengan nilai Rp240.000.

Budi mengakui penghematan energi listrik PJU selama satu jam pemadaman tidak terlalu signifikan. Hal ini mengingat lampu penerangan jalan sebagian telah menggunakan lampu Led Emiting Deoda (LED).

“Jadi memang sudah hemat energi, seperti di Jl. Slamet Riyadi,” katanya.

Advertisement

Budi mengatakan akan melakukan pemadaman listrik serentak di lima ruas jalan. Ruas jalan itu adalah Jl. Slamet Riyadi, Jl. Mayor Kuswanto, Jl. Ronggowarsito, Jl. Adisucipto, Jl. Urip Sumoharjo, dan Jl. Jenderal Sudirman.

“Kalau turun hujan tidak kita matikan. Karena sakelar di Jl. Sudirman masih manual,” kata dia.

Dia mengatakan ada sejumlah hotel dan pusat perbelanjaan yang siap berpartisipasi dalam peringatan Earth Hour kali ini. Nantinya, dia mengatakan acara Earth Hour akan dipusatkan di depan Balai Kota. “Kami akan gelar gamelan,” katanya.

Advertisement

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Solo, Widdi Srihanto mengatakan telah mengirimkan surat imbauan kepada pemilik hotel, mal, restoran, tempat ibadah, kelurahan, serta kecamatan untuk ikut memadamkan listrik.

Sesuai imbauan pemadaman listrik dilakukan di bagian depan atau lobi masing-masing bangunan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif