News
Jumat, 27 Maret 2015 - 10:55 WIB

AGENDA PRESIDEN : Jokowi Temui Parlemen Tiongkok

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Menteri BUMN Rini Soemarmo (kanan) dalam kereta api bawah tanah (subway) Beijing, Tiongkok, Kamis (26/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Rini Utami)

Agenda Presiden Jokowi masih melanjutkan lawatan di Tiongkok dan hari ini bertemu parlemen setempat.

Solopos.com, JAKARTA – Lawatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Tiongkok berlanjut. Pada Jumat (27/3/2015), Jokowi bertemu dengan parlemen Tiongkok dan diterima langsung oleh Ketua National People’s Congress (NPC) Republik Rakyat Tiongkok, Zhang Dejiang.

Advertisement

Presiden Jokowi bertemu dengan Zhang Dejiang di ruang Reception Room Great Hall of The People Beijing.

“Pemerintah Indonesia memandang penting hubungan dengan Tiongkok, hubungan ini berpengaruh pada hubungan kemitraan strategis dan komprehensif, Tiongkok sangat mengapresiasi Presiden Jokowi karena sejak menjabat memandang penting hubungan dengan Tiongkok,” kata Ketua National People’s Congress (NPC) Republik Rakyat Tiongkok, Zhang Dejiang.

Ia mengatakan, Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Xi Jinping dan menyepakati banyak hal.

Advertisement

Jokowi juga bertemu dengan Perdana Menteri (PM) RRT Li Keqiang dan menghadiri forum bisnis yang diharapkannya sukses.

“Tolong sampaikan salam saya kepada Ketua DPR RI Setyo Novanto dan kami mengundang kedatangannya ke Tiongkok,” kata Zhang.

Jokowi menyatakan terima kasih atas sambutan yang sangat hangat dan penerimaan yang sangat baik.

Advertisement

Ia menambahkan kunjungan ke Tiongkok kali ini merupakan kunjungan kedua yang menunjukkan hubungan baik dan kedekatan dengan Tiongkok.

“Saya ingin mengucapkan selamat dan sukses pada kongres rakyat nasional. Ini tidak lepas dari kepemimpinan Yang Mulia Xi Jinping, pertemuan dengan Presiden Xi sangat produktif dan konstruktif semoga bisa ditindaklanjuti,” katanya.

Sebelum bertemu dengan kongres, Jokowi meletakkan prosesi upacara peletakan karangan bunga di Tiananmen Square.

Saat upacara itu dilakukan Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Kesemuanya menghadap monumen diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya diikuti lagu kebangsaan RRT.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif